Tanggal :26 September 2022

Pengembangan Citra Pariwisata Daerah di Indonesia melalui Smart Branding

Negara Indonesia telah mengadopsi dan menerapkan konsep smart branding sebagai solusi dalam pengembangan sektor pariwisata. 

Apa Itu Smart Branding?

Secara umum, smart branding atau pencitraan daerah kota yang cerdas merupakan upaya membangun branding daerah yang lebih pintar sesuai dengan potensi dan peluang pengembangan inovasi untuk memasarkan daerah menjadi tantangan dalam pengembangan daerah, sehingga mampu meningkatkan daya saing (m.city, 2019). Adapun unsur dalam smart branding meliputi tiga hal sebagai berikut: Tourism branding; Business branding; City appearance branding.

Istilah-istilah beberapa kota di Indonesia merupakan pengembangan dari konsep smart branding, seperti istilah “Paris Van Java” sebagai sebutan bagi Kota Bandung, “The Sunrise of Java” sebutan bagi Kabupaten Banyuwangi, dan lain-lain. Dari sinilah kita dapat melihat bahwa istilah-istilah tersebut yang membuat positioning yang kuat dalam target pemasaran kota. 

Tujuan Smart Branding

Menurut Depok Smart City, Smart branding memiliki tujuan dalam membangun daya saing usaha, kepastian berusaha, ekosistem pariwisata dan penataan wajah kota. Dalam penerapannya meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  • Menciptakan identitas wajah kota yang menonjolkan nilai arsitektur yang mencerminkan nilai-nilai daerah dan mengikuti dinamika modernisasi yang menginginkan sebuah tata ruang dan tata wilayah kota yang indah, bersih, rapi dan membanggakan dengan kualitas arsitektur internasional;
  • Menciptakan identitas bisnis dengan membuat iklim bisnis yang kondusif bagi pelaku bisnis untuk memajukan perekonomian daerah dalam bidang perdagangan, meningkatkan investasi daerah, dan mendorong pertumbuhan industri kreatif;
  • menciptakan identitas pariwisata dengan memajukan potensi wisata daerah baik dalam hal lokasi ataupun tujuan wisata, suasana, dan lingkungan yang nyaman, serta meningkatkan budaya keramahtamahan, melayani dan menghibur;
  • Memberikan identitas dari kota yang berguna untuk memasarkan segala aktivitas dari luar kota terutama potensi pengembangan daerah, seperti wisata, budaya, produk lokal dan landmark kota.
Menilik Smart Branding di Indonesia

Smart branding menjadi salah satu dimensi dalam smart city. Tidak hanya mampu membuat sebuah kota meningkatkan partisipasi masyarakat lokal, tetapi juga mampu menarik partisipasi baik dalam negeri maupun luar negeri, serta pelaku bisnis dan investor yang mendorong percepatan pembangunan daerah. Berikut ini produk aplikasi yang telah dikembangkan di beberapa kota/kabupaten di Indonesia, yaitu: 

1. Charming Banda Aceh

Charming Banda Aceh merupakan salah satu produk smart branding yang bertujuan untuk membangun citra daerah yang lebih smart sesuai dengan potensinya sehingga memberikan peluang dan mendorong peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Banda Aceh. Produk ini telah memenangkan ajang Anugerah Pesona Indonesia (API Awards) 2021 yang digelar di Stable Berkuda Sedayu, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

2. Aplikasi Jelajah Sukoharjo

Aplikasi Jelajah Sukoharjo merupakan sebuah produk berbasis Android yang berfungsi menjadi panduan informasi wisata, produk unggulan, tempat ibadah, dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Pada tahun 2021, aplikasi ini telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai Gerakan Menuju Smart City kategori Smart Branding.

3. Aplikasi Tangerang Live 

Aplikasi Tangerang Live merupakan salah satu inovasi untuk ikut bersaing dengan kota-kota besar yang ada di Indonesia. Aplikasi ini bertujuan untuk pelayanan publik dan penyampaian informasi yang dikembangkan melalui komunikasi digital oleh Pemerintah Kota Tangerang semakin terintegrasi, terpantau, efektif, dan efisien bagi masyarakat. 

Berdasarkan hasil analisis SWOT, smart branding di Indonesia terbukti sangat efektif dan efisiensi untuk memperkenalkan bidang pariwisata di daerah-daerah, serta memberikan ruang publik yang dapat dimanfaatkan bagi  para pemuda berkreasi, berinovasi sehingga dapat berpartisipasi bagi kemajuan kota. Dengan demikian, sebagai masyarakat Indonesia sudah sepatutnya mengembangkan setiap potensi pariwisata dalam menarik wisatawan berkunjung, selain memajukan ekonomi, teknologi ini juga dapat memajukan suatu daerah di mata dunia. Yuk, bersama-sama kembangin smart branding demi kemajuan bersama!

Reference

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »