Tanggal :9 December 2022

Penerapan Konsep Taman Atap Hijau di Museum Kepresidenan Balai Kirti Istana Bogor

Arsitektur hijau adalah arsitektur yang sedikit mengkonsumsi sumber daya alam, termasuk energi, air, mineral, serta menekan timbulnya dampak negatif bagi lingkungan. Elemen yang diterapkan pada museum diantaranya adalah berupa taman atap yang difungsikan sebagai area hijau dan pengolahan air hujan. Selain itu, konsep arsitektur hijau merupakan sebuah konsep di mana bangunan yang akan didirikan harus memiliki kriteria yang mendukung alam sekitar, dengan memiliki beberapa prinsip seperti dapat memanfaatkan energi, berusaha untuk menghindari sumber daya yang beresiko, dapat memenuhi kebutuhan terhadap pemilik bangunan, ramah lingkungan serta harus menyesuaikan dengan iklim setempat (Ghiyas dan Fitri, 2020).

Sumber : 99.co.id

Konsep Green Architecture tidak hanya diterapkan pada bangunan-bangunan kantor atau tempat niaga, tetapi juga diterapkan pada bangunan museum. Salah satu contohnya Museum Kepresidenan Balai Kirti yang berlokasi di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat. Secara umum, museum didefinisikan sebagai tempat dan bangunan  yang  mengandung  karya  seni dan  ilmu pengetahuan  atau  objek  yang digunakan untuk seni dan ilmu pengetahuan yang dijaga dan diperbolehkan untuk lihat oleh publik, di dalam museum tersebut terdapat informasi sejarah dan keberhasilan seorang Presiden atau Wakil Presiden selama menjalankan masa baktinya, terdapat pula koleksi-koleksi cagar budaya yang mempunyai nilai penting bagi Bangsa dan Negara (Hamidah, 2019).

Sumber : arsitag.com

Museum Kepresidenan Balai Kirti diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono   pada   tanggal   18   Oktober 2014. Museum ini mulai  dibuka  untuk umum  sejak  tanggal  10  November  2014. Di  bagian  depan  museum  terdapat  sebuah prasasti bertuliskan “Setiap Presiden Pasti Berbuat  yang  Terbaik  Bagi  Indonesia”. Bangunan  museum  terdiri  dari  tiga  lantai yakni Galeri Kebangsaan di lantai pertama, Galeri Kepresidenan di lantai kedua dan   taman atap hijau pada  lantai ketiga.  Selain  ruang  pameran,  di  museum ini juga terdapat Perpustakaan yang memuat koleksi buku-buku tentang enam presiden RI (Soekarno, Soeharto, B.J Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono) (Hamidah, 2019).

Rancangan konstruksi bangunan Museum Kepresidenan ini dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dibangun dengan menggunakan konsep Green Building. Di mana salah satunya, pada lantai 3 gedung tersebut dikhususkan bagi ruang terbuka hijau (https://www.rumahku.com/). “Sebagai bangunan gedung yang layak dan fungsional kami memberikan unsur green building, salah satunya pada lantai 3 gedung tersebut dibuatkan ruang terbuka hijau,” ucap Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPU) Imam S. Ernawi yang dikutip dari laman resmi Kemenpu, Jumat (8/8/2014). (https://economy.okezone.com/).

Sumber : suara.com

Mohammad Nuh selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) periode tahun 2014 mengatakan, barang peninggalan akan berdasarkan persetujuan dari masing-masing keluarga presiden. “Jadi, kita biasakan beri penghargaan bagi presiden, karena kadang kita lupa siapa saja presiden kita, dan bagaimana sejarah presiden kita,” ujarnya. Ia berharap pembangunan museum ini dapat menjadi wisata edukasi bagi generasi penerus. “Jadi, anak-anak yang berkunjung bisa langsung mengerti tentang presiden-presiden mereka, semacam wisata edukasi,” tuturnya. (https://kabar24.bisnis.com/). 

Museum yang secara garis besar bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar cinta terhadap Bangsa dan Negara sekaligus untuk memahami pentingnya sejarah bangsa. Sementara itu juga terdapat penerapan konsep green architecture di Museum Kepresidenan Balai Kirti sejalan dengan program pemerintah terkait smart city pada elemen smart environment yang mengedepankan pengaplikasian ramah lingkungan seperti Taman Atap Hijau. Diharapkan nantinya museum-museum yang ramah lingkungan di Indonesia semakin banyak agar lingkungan di sekitar museum tersebut tetap terjaga.

Ditulis Oleh Muhammad Sadam

Referensi:

Febriana Anugrah M., 2014. Museum Balai Kirti Bogor dibangun dengan Konsep Green. Dalam berita https://economy.okezone.com/read/2014/08/08/474/1021594/museum-balai-kirti-bogor-di-bangun-dengan-konsep-green diakses pada tanggal 21 September 2021.

Ghiyas Ghurotul dan Fitri Satwikasari. “Kajian Penerapan Konsep Arsitektur Hijau Pada Bangunan Museum Geologi Studi Kasus: Museum Fossa Magna Jepang”, Jurnal Arsitektur Purwarupa Vol. 4 No. 1.

Hamidah Siti. 2019. “Daya Tarik Wisata Museum Kepresidenan Balai Kirti, Bogor”, Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol. 24 No. 2

Maskur Fatkhul. 2014. Balai Kirti, Museum Presiden RI Selesai Dibangun Bulan ini. Dalam berita https://kabar24.bisnis.com/read/20140804/255/247349/balai-kirti-museum-presiden-ri-selesai-dibangun-bulan-ini diakses pada tanggal 21 September 2021.

Unknown. 2014. Museum Presiden Dibangun dengan Konsep Green Building. Dalam berita https://www.rumahku.com/artikel/read/museum-presiden-dibangun-dengan-konsep-green-building-408858 diakses pada tanggal 21 September 2021.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »