Tanggal :10 December 2022

Pemkab Jombang Usulkan Pembangunan Daerah Menggunakan Konsep Smart Government

Smart City merupakan konsep pembangunan daerah berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini terlihat dalam buku pedoman penyusunan masterplan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kominfo, terdapat (enam) dimensi smart city yaitu Smart Government, Smart Living, Smart Economy, Smart Environment, Smart Branding dan Smart Society. 

Kabupaten Jombang terpilih menjadi 1 dari 50 kabupaten/kota dalam program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2023 yang ditargetkan dalam RPJMD 2018-2023 adalah penerapan digitalisasi proses pelayanan dalam mewujudkan e-Government. Sebagaimana yang diketahui, konsep ini telah terdapat pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Proyek kota cerdas itu sedianya berlangsung hingga tahun 2032. Hal itu sudah menjadi komitmen pemerintah daerah yang ditandai dengan penandatanganan komitmen Masterplan Pembangunan Jombang Smart City oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Selasa (20/9).

Program smart city ini selaras dengan arah kebijakan transformasi digital nasional yang berfokus pada percepatan penyediaan infrastruktur digital, penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik, pengembangan talenta digital, serta percepatan perwujudan ekosistem ekonomi digital.

Seperti yang diketahui, Pemkab Jombang telah menjalankan berbagai sistem elektronik. Salah satunya dari sektor pemerintah Jombang yang sudah menggunakan E-Office Jombang One System (JOS) yang telah diintegrasikan melalui layanan kepegawaian, kinerja, monitoring, dan evaluasi, termasuk layanan persuratan elektronik. 

Anjungan Digital Desa Kabupaten Jombang merupakan salah satu implementasi dari smart city, anjungan ini telah menghasilkan 80 jenis surat yang bisa dicetak menggunakan mesin, mulai dari pengantar Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Pindah, Surat Keterangan Domisili, dan berbagai jenis surat lainnya. 

“Harapannya dengan konsep smart city ini, layanan publik yang menjadi tupoksi utama pemerintah daerah akan berjalan lebih efektif, efisien dan mudah” Kata Sekda Kabupaten Jombang, Dr. H. Akh. Jazuli, SH, M.Si pada acara FGD persiapan penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Jombang (8/10) di Ruang Bung Tomo Lingkup Setda Kabupaten Jombang.

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »