Tanggal :14 August 2022

Pemerintah Kabupaten Blitar Gelar Rapat Tinjauan Lapangan Implementasi Program Smart City

Rapat Tinjauan Lapangan Implementasi Program Smart City dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Blitar di Ruang Candi Penataran Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar pada Selasa, 3 Maret 2020.

Rapat dipimpin oleh Bapak Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM dan dihadiri oleh Dewan Smart City, Tim Pelaksana Smart City, Kepala OPD, Camat dan Perwakilan Kepala Desa, Perwakilan Perguruan Tinggi, Dewan Riset, Asosiasi-Asosiasi, Forum UMKM, Relawan TIK, serta komunitas. Ketua Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar, Eko Sutanto, S.T., M.Si dan Fitrah Rachmat Kautsar, Chief Operating Officer Citiasia Inc hadir sebagai narasumber yang juga merupakan Pembimbing Smart City Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Rapat dibuka langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Ec. Akhmad Husain, M.Si.

“Pada hari ini dilakukan tinjauan lapangan yang bertujuan untuk memberikan bimbingan cara melakukan evaluasi program smart city, melakukan pemerikasaan kembali terhadap evaluasi yang diperoleh dalam kurun waktu 2018-2019 dan sekaligus dapat membantu daerah untuk meningkatkan nilai evaluasi pada tahun 2020”, ujar Eko Sutanto, S.T., M.Si, Ketua Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar.

Penandatanganan Berita Acara (BA) Serah Terima 9 Aplikasi dan flash mob Tiktok Tari Ubur-Ubur yang diikuti oleh semua peserta rapat dilakukan sebelum pemaparan dimulai. Materi pemaparan berupa progres smart city, evaluasi smart city dan paparan tentang manajemen risiko: smart living, smart economy, smart governance, smart environment, smart society.

“Tahun ini merupakan tahun kedua dalam mengimplementasikan pelaksanaan smart city di Kabupaten Blitar. Dalam proses pengembangan smart city di Kabupaten Blitar diperlukan kerjasama semua pihak, baik peran semua pemerintah, sektor swasta maupun masyarakat”, tutur Drs. H. Rijanto, MM, Bupati Blitar.

Pada Tahun 2020  ada beberapa hal yang sudah terlaksana sebagai implementasi master plan smart city Kabupaten Blitar, diantaranya Pengembangan Dan Pengelolaan Command Center, UMKM Go Online melaui Launching Kampung Pemasaran Online, Gerakan Bangga Menanam, Pembangunan Aplikasi E-Health dan Program Desa Pintar, Layanan Pintar Kecamatan, dan lainnya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »