Tanggal :19 January 2022

Paris: Titik Temu Bisnis, Pariwisata dan Ikon Kota

Menara Eiffel, mahakarya Gustave Eiffel | Foto: Anthony Delanoix, Unsplash

Paris dikenal sebagai rumah bagi menara Eiffel, namun masih banyak lagi hal lainnya yang membuat Paris berkesan bagi banyak orang. Sangat disayangkan rasanya jika tidak membahas Paris apabila sedang berbicara tentang smart branding, mengingat banyaknya ikon, tempat wisata hingga bisnis besar yang berlokasi di kota mode ini. Mari simak apa saja smart branding yang ada di Paris.

Salah Satu Pusat Finansial Terbesar di Eropa

Model yang tampil di acara Paris Fashion Week | Foto: Peter White, Getty Images

Fesyen adalah salah satu bisnis yang sangat terkenal di Paris, mulai dari pakaian, tas hingga perhiasan yang berkelas dunia bisa didapatkan di kota ini. Harga dari barang fesyen yang dijual juga tidak dibandrol dengan harga murah, tak heran fesyen menjadi salah satu industri terdepan di kota ini.

Selain sebagai kiblat fesyen dunia, Paris juga merupakan salah satu pusat finansial Eropa. Dilansir dari katadata.co.id, bursa saham terbesar kedua di Eropa, yaitu Euronext, berkantor pusat di Paris. Paris juga menjadi pusat pasar obligasi, hampir 35 persen obligasi yang diterbitkan di zona euro dikelola oleh firma yang ada di Paris. BNP Paribas, salah satu bank utama di Eropa yang dibentuk melalui penggabungan Banque Nationale de Paris dan Paribas pada tahun 2000 dan Société Générale, salah satu perusahaan finansial terbesar di Eropa bermarkas di Paris.

Pariwisata Sebagai Sumber Devisa Negara

Pemandangan Champs Elysées | Foto: Rodrigo Kugnharski, Unsplash

Champs Elysées atau kerap disebut “The Ave” oleh warga lokal merupakan tempat dari toko-toko brand desainer ternama. Di Champs Elysees juga terdapat arsitektur menakjubkan seperti Grand Palais, Palais de la Découverte, dan Arc de Triomphe de l’Étoile yang merupakan salah satu monumen paling terkenal di Paris. 

Le Jardin des serres d’Auteuil dapat menjadi pilihan bagi Smart People yang ingin belajar dan berlibur di saat yang bersamaan. Taman botani ini terdiri dari komplek rumah kaca yang berisi koleksi tanaman hias, sukulen, dan banyak lagi. 

Pariwisata Sebagai Sumber Devisi Negara

Musée du Louvre | Foto: Louvre Museum Official Website

Menara Eiffel, sebuah menara besi yang dibangun oleh Alexandre Gustave Eiffel di Champ de Mars di tepi sungai Seine. Tak hanya ikon Paris, menara ini juga menjadi ikon global Prancis, sekaligus menjadi salah satu struktur terkenal di dunia. Menara Eiffel merupakan destinasi ramai pengunjung yang menjadi salah satu penyumbang devisa negara.

Musée du Louvre adalah museum kedua terbesar di dunia dan menjadi rumah bagi lukisan Monalisa. Museum ini terletak di Palais du Louvre, dan di dalamnya terdapat hampir 35.000 benda dari zaman prasejarah hingga abad ke-19 yang dipamerkan di area seluas 60.600 meter persegi. Musée du Louvre juga merupakan salah satu museum seni yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. 

Korelasi Tiga Elemen Smart Branding di Paris

Ikon Paris yaitu Menara Eiffel dan Musée du Louvre tak hanya sebatas ikon namun juga menjadi destinasi wisata. Destinasi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan tentu menjadi sumber pendapatan yang fantastis. Sektor perjalanan dan pariwisata menyumbangkan 9,7% dari PDB negara Prancis. Dimana sebesar 30% pendapatan sektor pariwisata diperoleh dari wisatawan asing, sedangkan 70% sisanya berasal dari wisatawan domestik. Dari sini kita dapat belajar bagaimana Paris berhasil menyatukan tourism branding, business branding dan city appearance branding menjadi sebuah kombinasi yang sangat menguntungkan. Semoga kedepannya, kota-kota di Indonesia dapat mengoptimalkan aspek smart branding dan mampu bersaing di kancah internasional.

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. https://www.agoda.com/id-id/travel-guides/france/paris/paris-travel-guide-12-exciting-things-to-do-in-paris?cid=1844104
  2. https://katadata.co.id/muchamadnafi/finansial/5e9a56ca3b9ec/setelah-brexit-7-kota-ini-berpeluang-rebut-bisnis-dari-london
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *