Tanggal :14 August 2022

Papua Youth Creative Hub Jadi Pondasi Masa Depan Bumi Cenderawasih

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya mendukung pembangunan pusat pengembangan kreativitas pemuda/pemudi Papua atau Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Provinsi Papua. 

Saat menghadiri ground breaking Papua Youth Creative Hub di Jayapura Sabtu (2/10) Presiden Joko Widodo menyampaikan, Papua Youth Creative Hub merupakan fondasi bagi masa depan Papua dan Indonesia di masa mendatang. Proyek pembangunan Papua Youth Creative Hub menjadi tindak lanjut pertemuan Presiden Joko Widodo bersama anak-anak muda Papua di Istana pada September 2019. Pemerintah disebut ingin memberikan ruang sebesar-besarnya bagi pengembangan generasi muda Papua.

Jokowi menyampaikan bahwa gedung ini akan menjadi masa depan yang cerah untuk menciptakan bakat-bakat anak-anak muda Papua. Mulai dari entrepreneurship, petani milenial, pemuda Papua yang memiliki bakat di bidang digitalisasi serta soal riset dan invoasi. Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan menyampaikan, gedung Papua Youth Creative Hub akan merujuk pada bangunan identik dengan tanah Papua. Budi Gunawan menyebut gedung ini akan menampung seluruh bakat anak-anak Papua dan Papua Barat dalam mengembangkan kreativitasnya. Beliau juga mengatakan bahwa pembangunan proyek tersebut dilakukan sesuai masterplan. Namun, ia mengungkapkan terdapat perubahan desain.

“Semula setengah lingkaran, kini jadi bulat utuh dengan ciri khas menggambarkan masyarakat Honai, masyarakat pegunungan, dan runcing ciri khas arsitektur masyarakat pesisir. Utuh menggambarkan masyarakat Papua,” ujar Budi Gunawan. 

Papua Youth Creative Hub akan dibangun dua lantai. Lantai pertama terdiri dari lobby, coffee shop, co-working space, perpustakaan, galeri, minimarket, UMKM Store, ruang training, dan ruang ibadah. Sementara, di lantai dua diperuntukkan untuk conventional hall, kantor sekretariat, ruang seni musik dan hiburan, ruang bahasa, ruang coding dan programming, ruang kewirausahaan, dan ruang konseling di bidang kesehatan.

Dalam proyek tersebut juga akan dibangun gedung pendukung atau penunjang dua lantai seluas 1.812 meter persegi dan memiliki area parkir yang bisa menampung 53 mobil dan 154 motor. Bangunan penunjang itu berupa asrama dengan 23 kamar yang bisa memuat 46 orang.

Komunitas ini telah memiliki 2.025 anggota dan sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan pertama kali bertemu Presiden Jokowi pada tahun 2019. Saat itu jumlah anggotanya hanya 21 orang. Pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub ini akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan menelan biaya Rp 95 miliar dan ditargetkan akan selesai pada Oktober 2022. Pembangunan Papua Youth Creative Hub diharapkan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta mendongkrak daya saing dan demi terwujudnya keadilan sosial di Pulau Papua. 

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

Referensi: 

  1. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211002095749-92-702428/jokowi-sebut-papua-youth-creative-hub-masa-depan-indonesia/amp
  2. https://www.google.co.id/amp/s/news.detik.com/berita/d-5749773/ground-breaking-papua-youth-creative-hub-jokowi-ini-masa-depan-papua/amp
  3. https://m.jpnn.com/amp/news/mengenal-papua-youth-creative-hub-pusat-kreativitas-untuk-pemuda-bumi-cenderawasih
  4. https://www.google.co.id/amp/s/www.idntimes.com/news/indonesia/amp/teatrika/papua-youth-creative-hub-yang-segera-dibangun-apa-saja-isinya
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »