Tanggal :24 May 2022

Natural User Interface: Apa Itu dan Bagaimana Perkembangannya Hingga Saat Ini?

Design by: Arsy Eric

Natural User Interface (NUI) adalah sebuah pendekatan baru dalam dunia interaksi manusia dan komputer yang memiliki input alami. Pendekatan ini masih mengadopsi bentuk output dari Metaphorical User Interface (MUI) yaitu menggunakan simbol metaforikal untuk menggambarkan dunia virtual, namun memiliki metode penerimaan input yang berbeda. Interface ini memiliki perbedaan dalam meminimalisir durasi dan beban pembelajaran oleh sang pengguna dalam mengoperasikan komputer.

Seiring berjalannya waktu, terutama melalui gelombang revolusi era ini, perangkat keras akan semakin menghilang dari kehidupan sehari-hari kita. Teknologi akan menjadi ‘tambahan’ dalam kehidupan kita sehingga membuat gaya hidup kita semakin empowered tanpa memberikan beban tambahan. Sebagai contoh, Google Glass memiliki tujuan untuk membebaskan kita dari perlunya berinteraksi dengan dunia sebuah komputer personal, namun dengan melalui lapisan antarmuka yang tidak mengganggu pada penglihatan kita. Ini merupakan fungsi teknologi sebagai pendukung bagi fungsi alamiah manusia.

Dilansir dari TechTarget, ada beberapa jenis NUI yang telah dikembangkan sampai saat ini, yaitu:

Touch Screen

Interface layar sentuh membuat pengguna berinteraksi dengan aplikasi secara lebih intuitif daripada menggunakan antarmuka berbasis cursor karena antarmuka ini memiliki kesan lebih ‘langsung’. Dibandingkan dengan harus menggunakan cursor untuk memilih dan membuka sebuah file, sebagai contoh, pengguna dapat dengan langsung menyentuh gambar icon dari file dengan jarinya untuk membukanya. Saat ini, sebagian besar smartphone dan tablet sudah mengadopsi input macam ini. 

Speech Recognition

Speech recognition mengizinkan pengguna berinteraksi dengan sistem melalui perintah-perintah yang diucapkannya. Sistem mengidentifikasi kata-kata dan frase yang terucap, dan menerjemahkannya menjadi format yang dapat dibaca oleh komputer sebagai metode interaksi. Beberapa aplikasi speech recognition yang sudah ada adalah pengalihan panggilan, speech-to-text, dan komputer hands-free dan operasi dalam telepon genggam. Terkadang, speech recognition juga digunakan untuk berinteraksi dengan embedded system.

Brain-machine Interface

Interface brain-machine mampu membaca sinyal saraf dan menggunakan perangkat lunak untuk menerjemahkannya menjadi instruksi. Interface ini memungkinkan seseorang yang lumpuh untuk mengoperasikan sebuah komputer, seperti kursi roda elektronik atau kaki palsu melalui pikirannya.

Komputer yang dapat berinteraksi dengan kita melalui sentuhan, gerakan, dan ucapan akhirnya menjadi kenyataan. Kemajuan di bidang ini ditujukan agar interaksi dengan perangkat teknologi semakin menyerupai interaksi “alami”, seperti yang akan dilakukan antar manusia. Nah, manakah jenis perkembangan Natural User Interface yang sering Smart People gunakan?

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »