Tanggal :21 May 2022

Nano Influencer: Tren Influencer Marketing yang Semakin Berkembang pada 2022

Ingin menjalankan influencer marketing, tetapi budget terbatas? Jika benar, Nano Influencer adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, jenis influencer yang satu ini membutuhkan budget yang lebih rendah daripada influencer lainnya. Namun, mereka tetap berpotensi memperluas pemasaran sebuah bisnis. 

Influencer marketing kerap dikaitkan dengan budget yang tinggi. Pasalnya, seseorang perlu merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk satu postingan Instagram story. Harga tersebut hanya berlaku untuk satu influencer ternama saja. Bayangkan jika Smart People merekrut beberapa influencer sekaligus, budget yang dibutuhkan tentu akan semakin besar. 

Nano influencer adalah seseorang yang memiliki audiens mulai dari 1.000 hingga 10.000 orang. Pada umumnya, Nano Influencer cenderung memiliki engagement yang tinggi dan audiens yang mudah terpengaruh. Hal ini dikarenakan meskipun followers nya terbilang tidak begitu banyak, konten yang mereka bagikan biasanya sudah diketahui oleh komunitas kecil mereka atau kebanyakan berasal dari teman dekat dan anggota keluarga serta dari pengalaman atau kegiatan dalam bidangnya sehari-hari yang disukai oleh audiens nya.

Sebagaimana terungkap dalam survei Social Media Today, 60% orang menunjukkan bahwa ulasan dari orang terdekat akan lebih mempengaruhi keputusan untuk membeli suatu produk. Selain itu, Nano Influencer juga disebut terlihat lebih natural ketika sedang berpromosi sehingga meyakinkan, dengan kata lain pengaruhnya tidak seberapa, akan tetapi kesempatannya memberikan pengaruh kepada audiens cukup besar.

Jika sebanyak 70% dari 15.000 pengikutnya terpengaruh, maka boleh jadi sebanyak itu pula jumlah produk yang berhasil ia jual. Maka dari itu, pebisnis skala kecil akan lebih tertarik menggunakan jasa Nano Influencer dibanding influencer profesional yang bertarif mahal. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan Nano Influencer ini akan bertambah jumlah pengikutnya dan berubah menjadi kreator profesional.

Selain konten yang diberikan sudah memiliki selling point, biasanya Nano Influencer juga menerima barter value dengan produk atau jasa yang ingin dipasarkan. Sehingga mereka memberikan potensi yang bagus untuk bisnis dengan budget minim atau bisnis dengan segmentasi tertentu. Jadi, dari banyaknya kelebihan yang telah disebutkan, apakah Smart People tertarik menggunakan Nano Influencer bagi bisnis kalian?

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »