Tanggal :21 May 2022

Mulai dari Katalog Digital sampai Campaign Unik dari IKEA! Berikut Ulasannya

Gambar 1. Design by: Sumanto

Pandemi Covid-19 yang berlangsung hingga saat ini mengubah strategi promosi retail asal Swedia, IKEA dari semula membagikan katalog cetak ke platform digital. Katalog digital ini diluncurkan untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang ingin berbelanja online dengan aman, higienis, dan mudah diakses. 

Perusahaan menyatakan pandemi Covid-19 memberikan tantangan yang belum pernah ada sebelumnya dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Covid-19 telah mengubah cara hidup masyarakat, dari bersosialisasi, bekerja, dan belajar. Seiring perubahan perilaku konsumen, IKEA mempromosikan berbagai inspirasi ruangan dan koleksi produk terbarunya melalui katalog digital. 

Bentuk digital ini harapannya membuat masyarakat  lebih banyak mengakses katalog IKEA yang dilakukan kapanpun dan dimanapun untuk mendapatkan inspirasi produk dekorasi rumah. Produk IKEA pun ditawarkan dalam berbagai harga.

Lain halnya dengan IKEA di luar negeri, baru-baru ini toko IKEA di Dubai memperbolehkan pelanggan membayar barang dengan “waktu mereka”. Program ini disebut “Buy With Your Time” atau “Beli dengan Waktu Anda”, karena IKEA menggunakan Garis Waktu Google Maps untuk menentukan berapa lama durasi yang pelanggan butuhkan untuk sampai ke salah satu lokasi tokonya. 

Sebagaimana dihimpun Dailyspin.com dari Forbes, setelah tiba di toko dan mengumpulkan barang yang ingin beli, pelanggan cukup menunjukkan kepada karyawan IKEA rute mereka yang sampai di sana dengan Google Maps Timeline dan menit atau durasi tersebut akan dikonversi menjadi diskon untuk harga barang yang mereka ingin beli.

“Sebelum lahirnya kampanye ini, kami menyadari dua hal: waktu sangat berharga dan banyak pelanggan setia IKEA menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengunjungi lokasi kami yang terkadang jauh dari pusat kota,” kata juru bicara IKEA.

“Kami pikir kampanye ini tepat untuk menghargai upaya pelanggan kami dengan membayar mereka atas waktu yang dihabiskan untuk menjangkau kami. Ini adalah cara kami membantu komunitas Dubai memanfaatkan setiap menit sebaik mungkin.”

Melihat antusias masyarakat Dubai akan kampanye tersebut, IKEA melaporkan kenaikan jumlah pelanggan yang mengunjungi toko mereka dan juga penaikan pembelian produk mereka sebesar 32 persen. Namun, IKEA sepertinya tidak berencana untuk mengadakan kampanye ini di negara-negara lainnya. 

Perlu diakui memang disaat pandemi, perekonomian dunia sedang terguncang dan perusahaan di seluruh dunia ikut terkena imbasnya. Maka dari itu strategi marketing di masa saat ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat. 

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »