Tanggal :21 May 2022

Mudah Dinikmati, Tren Podcast Kian Mengudara

Design by: Arsy Eric

Konten hiburan dalam bentuk audio kini semakin berkembang pesat dan dinamis seiring kemajuan teknologi. Berbeda dengan konten visual, konten dalam format audio memungkinkan pendengar untuk bisa tetap melakukan berbagai aktivitas atau multitasking.

Salah satunya adalah podcast yang merupakan hasil rekaman audio yang dapat didengar oleh khalayak umum melalui media internet. Berbeda dengan radio yang harus dilakukan dan ditayangkan secara langsung dalam frekuensi tertentu, podcast dapat diimplementasikan kapanpun serta dapat didengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada. Podcast sangat digemari oleh pengguna internet saat ini karena sifatnya yang on-demand, daripada mendengarkan siaran dari radio yang memiliki keterbatasan dalam akses, frekuensi, serta waktu.

Laporan Digital 2021 dari We Are Social & Hootsuite menunjukkan lebih dari 58% pengguna internet Indonesia usia produktif mendengarkan podcast setiap bulannya. Dari obrolan ringan yang menghibur, inspiratif, hingga diskusi yang bisa membuat melek isu terkini, podcast membawa format dan topik-topik yang lebih dekat dengan keseharian masyarakat khususnya milenial.

Rado Ardian selaku CEO NOICE Platform konten audio streaming lokal Noice menanggapi tren tersebut, menurutnya pandemi yang sudah berjalan hampir dua tahun  mengubah berbagai macam gaya hidup, mulai dari bekerja, bersosialisasi, hingga cara masyarakat mengkonsumsi hiburan yang saat ini serba online dan virtual. Tak hanya dari pendengar yang diajak untuk berimajinasi dalam menikmati konten audio tersebut, hiburan serta konten yang hanya dibawakan dalam format audio ini pada akhirnya memancing kreativitas para konten kreator dalam melakukan storytelling dan memilih topik-topik menarik untuk diangkat.

Terdapat berbagai macam genre podcast yang bisa Smart People jelajahi. Mulai dari edukasi, ilmu pengetahuan, horor, olahraga, dan lain-lain. Namun genre favorit pendengar Indonesia adalah entertainment, kemudian disusul oleh genre lifestyle, teknologi, dan edukasi. Apakah Smart People salah satu penggemar podcast? Tuliskan rekomendasi channel favorit kalian di kolom komentar, ya!

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »