Tanggal :24 May 2022

Motor, Mobil, Taksi, Semua Ada di Startup Transportasi

Sumber : Adobe Stock

“Sesuai titik ya.” menjadi kalimat yang sekarang sangat umum kita baca di kolom chat dengan seorang driver. Semenjak munculnya startup yang menyediakan jasa transportasi online, urusan mulai dari ganjil genap sampai mager keluar untuk membeli makanan dapat diselesaikan hanya dengan melakukan order di smartphone kamu!

Sebenarnya apa sih startup transportasi ini?  Jadi, startup transportasi adalah startup yang menyediakan jasa transportasi berbasis online yang dapat diakses melalui aplikasi mobile. Semua yang dibutuhkan oleh konsumen dapat dipantau melalui aplikasi, mulai dari pemesanan, pemantauan jalur, hingga penilaian terhadap pelayanan jasa transportasi dengan hanya memerlukan aplikasi di smartphone Kamu. 


Tak hanya memudahkan Kamu yang kesulitan mendapatkan taksi, startup ini juga berhasil membuka lapangan kerja dalam skala besar. Pada tahun 2018, berdasarkan data Survei Angkatan Kerja Nasional 2018 (oleh Badan Pusat Statistik), jumlah pengendara ojek Online di Indonesia mencapai 572.202. Kini, baik penyedia jasa transportasi maupun pelanggan tidak perlu saling menunggu lagi. Hanya dengan aplikasi, kedua belah pihak diuntungkan, penyedia jasa transportasi mendapatkan uang, pelanggan dapat menghemat waktu untuk sampai ke lokasi tujuan.

Sumber : DeliverSense

Selain kedua pihak ini, ada lagi lho pihak yang diuntungkan dengan munculnya startup ini. Tepat, restoran dan rumah makan. Bisnis kuliner kini juga masuk ke dalam salah satu fasilitas yang ditawarkan dalam startup ini. Pengusaha bisnis kuliner dapat mendaftarkan usahanya ke dalam aplikasi dan bingo! Pesanan dari pelanggan akan segera dijemput oleh ojek online. Grab Indonesia bekerja sama dengan NielsenIQ menerbitkan laporan tren kuliner selama pandemi Covid-19 dalam acara GrabNEXT. Berdasarkan surveinya, 72% konsumen layanan pesan antar makanan online memesan menu untuk keluarga. 

Berkat adanya fintech, pembayaran dalam transportasi online juga dapat dilakukan secara cashless, jadi Smart People tidak perlu repot-repot membawa uang apalagi di tengah pandemi ini. Belum cukup dalam hal makanan, fitur lain yang dapat diminati adalah belanja online. Eits, tapi beda dengan berbelanja e-commerce ya. Belanja disini nantinya akan dibeli secara langsung oleh driver, jadi Smart People hanya perlu memasukkan nama produk beserta harganya, dapat dilakukan juga hanya dengan memilih produk yang ingin dibeli dan ditambahkan ke dalam keranjang. 

Banyak sekali bukan manfaat dari munculnya startup di bidang transportasi? Semua masalah yang dihadapi manusia di masa lalu kini dapat diselesaikan dengan munculnya startup ini. Apa saja startup transportasi di Indonesia yang Smart People ketahui? Berikan komentar kamu di bawah ya! 

Penulis : Mia Patricia | Ilustrasi : Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. https://bisnis.tempo.co/read/1491725/survei-grab-72-persen-pengguna-aplikasi-delivery-pesan-menu-makan-keluarga/full&view=ok
  2. https://satudata.kemnaker.go.id/infograpik/eyJpdiI6Ik4yUVlDbytTZ2dDdlFUblp6emtPQlE9PSIsInZhbHVlIjoiQUR0N0FhMG5nN09odzhZNi9aWFovUT09IiwibWFjIjoiMjFmOTNlNzk0ZjIyZjYyNmFkZjQ3OGE1M2JmMTdkODk3ZGQzZDVhNWExMWZiODYzZTgwZTk0OTdlOTc4ZTU3NSJ9/details
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »