Tanggal :26 September 2022

Mobil Terbang: Tren Baru di Masa Depan

Gambar 1. Design by: Sumanto

Teknologi dapat diartikan sebagai suatu kapasitas sebuah benda atau bukan benda yang sengaja diciptakan secara terpadu, melalui proses perbuatan, pemikiran, untuk mencapai suatu nilai. Dalam hal ini teknologi mengacu pada alat, dan juga mesin yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang ada di dunia, mulai dari teknologi dengan bentuk alat sederhana, hingga berbagai macam peralatan yang rumit. Perkembangan teknologi menurut Franklin (1989) mengatakan pendapatnya mengenai teknologi sebagai suatu cara praktis yang menjelaskan mengenai cara kita semua sebagai manusia membuat segala sesuatu yang berada di sekitar. Pengertian ini merujuk pada penggunaan teknologi yang merupakan seluruh benda yang dibuat oleh manusia, di mana setiap orang bisa saja membuat dan juga mengembangkannya apabila mempelajarinya dengan baik dan dapat menerapkannya secara praktis (Fauzi, 2018).

Berbicara mengenai teknologi, rasanya kurang pas jika tidak membahas ilmu pengetahuan yang ada didalamnya. Ilmu pengetahuan adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu (Fauzi, 2015). Seiring perkembangan zaman, korelasi antara Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat dibutuhkan guna menunjang inovasi-inovasi yang akan dirancang untuk masa depan. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah suatu inovasi yang berupa hasil olah pikir manusia berdasarkan teori-teori ilmu pengetahuan untuk memenuhi dan memudahkan kebutuhan hidup manusia. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi selalu berubah dan berkembang ke arah yang lebih maju seiring dengan perkembangan manusia itu sendiri. Perkembangan IPTEK yang sangat cepat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kemajuan kehidupan umat manusia.

Gambar 2. Sumber : ridertua.com

Salah satu Inovasi IPTEK pada kendaraan di masa depan adalah Mobil Terbang. Menurut MIT Technology Review pada 2019 silam, mobil terbang dianggap sebagai solusi lalu lintas saat jalanan di darat mulai tak terkendali akibat volume kendaraan yang terus meningkat. Kurang lebih sudah ada 20 produsen mobil terbang yang melakukan pengembangan dengan berbagai tahap kemajuan, sebagian besar produsen merancang mobil terbang dengan fixed wing dan vertical takeoff and landing (VTOL). Sebagian lainnya punya desain unik seperti helikopter atau drone.(https://www.cnnindonesia.com/teknologi/). 

Gambar 3. Sumber : indonesiatatler.com

PAL-V Liberty merupakan salah satu nama mobil terbang yang akan beroperasi di masa yang akan datang. Autocar PAL-V Liberty adalah mobil terbang buatan perusahaan Belanda bernama Personal Air and Land Vehicle (PAL-V) mobil ini dihargai seharga Rp 7,4 Miliar dan sanggup menjelajah hingga 400-500 km dengan ketinggian 3.500 meter, tenaga mesin yang dikeluarkan hingga 100 hp dan bisa digunakan di jalan raya hingga kecepatan maksimum 170 km/jam. (https://news.okezone.com/). 

Walaupun sudah jelas dikatakan mesin dan tingkat jelajahnya, namun para pengembang atau produsen mobil terbang ini harus memastikan keamanan untuk menghindari kecelakaan. Seperti laporan MIT Technology Review “Mobil terbang dirancang sangat kompleks dan tingkat keamanan tinggi untuk menghindari celaka. Walau begitu masih terdapat tantangan pengembangan yang mesti diselesaikan agar mobil terbang dapat dikatakan aman” (https://www.cnnindonesia.com/teknologi/). 

Bagaimana, Smart People? Pembahasan mobil terbang ini menarik bukan? Jika di masa depan tren mobil terbang ini benar terwujud, maka tidak heran bila kita melihat atau berkhayal seolah-olah ada mobil terbang. 

Penulis: Sadam Khadafi | Ilustrasi: Sumanto

Referensi:

  1. Fauzi Muhammad. 2018. “Inovasi Sebagai Perkembangan Teknologi”, Tugas Akhir Mata Kuliah Konsep Teknologi. Universitas NU AL-Ghozali Cilacap. 
  2. Franklin Ursula. 1989. The Real World of Technology
  3. Jurnalis CNN. 2021. Mobil Terbang, Transportasi Baru yang Sudah di Depan Mata. Dalam berita https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210112092848-384-592488/mobil-terbang-transportasi-baru-yang-sudah-di-depan-mata diakses pada tanggal 26 September 2021. 
  4. Jurnalis Okezone. 2021. Deretan Mobil Terbang di Dunia. Dalam berita https://news.okezone.com/detail/773524/deretan-mobil-terbang-di-dunia diakses pada tanggal 26 September 2021. 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »