Tanggal :9 December 2022

Metropol Parasol, Struktur Kayu Terbesar di Dunia

Keunikan arsitektur Metropol Parasol | Foto: Fernando Alda

Metropol Parasol adalah bangunan struktur kayu rancangan arsitek Jerman, Jürgen Mayer yang terletak di alun-alun La Encarnación, Seville, Spanyol. Bangunan ini memiliki dimensi 150 kali 70 meter (490 kali 230 kaki) dan perkiraan tinggi 26 meter (85 kaki). Bangunan ini dikenal dengan nama Las Setas de la Encarnación (Jamur Inkarnasi) dan diklaim sebagai salah satu struktur kayu terbesar di dunia.

Metropol Parasol sebenarnya adalah struktur yang dibangun guna merevitalisasi Plaza de la Encarnacion, yang biasa digunakan sebagai tempat parkir selama bertahun-tahun. Karena memiliki potensi wisata yang cukup besar, maka diputuskan untuk menambahkan sebuah struktur megah yang dapat menarik perhatian pengunjung di daerah ini.

Close Up dari Metropol Parasol | Foto: Gauvin Pictures

April 2011 merupakan tahun diselesaikannya Metropol Parasol, proyek ini telah menjadi landmark baru di Seville sebagai identitas dan untuk mengartikulasikan peran Seville sebagai salah satu tujuan budaya yang dapat menarik wisatawan dari seluruh dunia. Metropol Parasol diharapkan dapat mengoptimalkan potensi Plaza de la Encarnacion untuk menjadi pusat kota baru yang kontemporer.

Desain struktur kayu yang terdiri dari enam payung dalam bentuk jamur raksasa terinspirasi dari kubah Katedral Seville dan pohon ficus di dekat Plaza de Cristo de Burgos. Panel kayu terjalin seperti wafel yang naik dari dasar beton serta diperkuat dengan baja dan diposisikan sedemikian rupa untuk membentuk kanopi dan jalan setapak di bawah payung. Metropol Parasol diberi desain organik kontemporer untuk mengeksplorasi potensi Plaza de la Encarnacion sebagai pusat kota modern yang modis.

Interior Metropol Parasol | Foto: Archilovers

Struktur ini memiliki empat tingkat permeabel yang saling terkait. Di ruang bawah tanah, wisatawan bisa menemukan Antiquarium, sebuah museum yang menampilkan peradaban bangsa Romawi dan Moor. Sedangkan di bagian atap yang terbuka dan ternaungi oleh payung kayu di atasnya, dirancang untuk menggelar acara-acara publik. Terdapat pula teras panorama, termasuk restoran, yang menawarkan salah satu pemandangan terbaik dari pusat kota.

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. https://fashiondaily.id/2020/10/11/mengenal-metropol-parasol-seni-arsitektur-spanyol-sevilla/
  2. https://www.arup.com/projects/metropol-parasol
  3. https://www.merdeka.com/gaya/metropol-parasol-struktur-kayu-termegah-di-dunia.html
  4. https://www.yatzer.com/Metropol-Parasol-The-World-s-Largest-Wooden-Structure-J-MAYER-H-Architects
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »