Methodes & Stages

Methodes &Stages

Apa Itu Indonesia Smart Nation Award:

Indonesia Smart Nation Award adalah penghargaan yang diberikan kepada daerah-daerah yang memiliki nilai tertinggi dalam Citiasia Smart Region model yang dikembangkan oleh Citiasia,Inc.

Apa itu Citiasia Smart Region Model:

Citiasia Smart Region Model adalah model pembangunan daerah pintar yang dikembangkan oleh Citiasia,Inc. yang dibangun dari dua komponen utama, yaitu Smart Readiness Model dan Smart Region Model. Smart Readiness Model adalah model yang digunakan untuk mengukur kesiapan (capability level) sebuah daerah untuk menjadi Smart Region. Sedangkan Smart Region Model adalah model yang digunakan untuk mengukur kinerja (performance level) sebuah daerah pintar.

Apa Saja Dimensi yang ada pada Citiasia Smart Region Model:

Smart Readiness terdiri dari 5 Dimensi, yaitu: Nature, Structure, Infrastructure, Superstructure, dan Culture. Sedangkan Smart Region terdiri dari 6 Dimensi, yaitu: Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment.

Siapa saja yang dinilai dalam Indonesia Smart Nation Award:

Penilaian Indonesia Smart Nation Award dilakukan terhadap 34 Provinsi, 412 Kabupaten dan 95 Kota di Indonesia.

Bagaimana Penilaian Indonesia Smart Nation Award dilakukan:

Penilaian Indonesia Smart Nation Award dilakukan dengan memanfaatkan kecerdasan teknologi komunikasi dan informatika (ICT) dan analisis Big Data.

Indonesia Smart Nation Index disusun dari data terpublikasi (published data) yang berasal dari berbagai sumber, diantaranya data statistik seluruh daerah di Indonesia, laporan hasil evaluasi terhadap daerah yang dilakukan oleh Kementerian dan Lembaga, dokumen rencana pembangunan dan keuangan daerah, monitoring terhadap web resmi pemerintah daerah seluruh indonesia, data inovasi pada pelayanan publik, dan analisis terhadap 72 media cetak nasional dan lokal serta 100 media online.

ISNA 2015 mengkategorikan daerah (provinsi, kabupaten, kota) berdasarkan jumlah penduduk, menjadi provinsi/kabupaten/kota besar, sedang, kecil sehingga didapatkan 27 pemenang dengan rincian sebagai berikut:

  • Provinsi : dipilih 3 pemenang untuk masing-masing kategori
  • Kabupaten : dipilih 3 pemenang untuk masing-masing kategori
  • Kota : dipilih 3 pemenang untuk masing-masing kategori
Methodes-1
Methodes-2