Tanggal :26 September 2022

Merger dan Akuisisi: Berbeda Namun Saling Menyatu dan Berkaitan

Design by: Arsy Eric

Secara prinsip, istilah merger dan akuisisi dalam bisnis merupakan istilah yang berbeda dan masing-masing mempunyai karakteristik sendiri. Merger dan akuisisi merupakan salah satu strategi bisnis yang diambil perusahaan untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat.

Strategi ini dikenal juga sebagai business combination, yaitu penyatuan dua atau lebih perusahaan yang terpisah menjadi satu kesatuan entitas ekonomi. Karena dengan adanya merger (satu perusahaan menyatu dengan perusahaan lain) atau dengan akuisisi (suatu perusahaan memperoleh kendali dengan membeli saham atau aktiva perusahaan lain).

Akuisisi adalah salah satu strategi bisnis yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan mengambil alih kepemilikan atau pengendalian atas saham atau aset perusahaan lain. Bedanya dengan merger, dalam strategi akuisisi ini baik perusahaan pengambilalih atau yang diambilalih tetap berdiri sebagai badan hukum yang terpisah. Contoh akuisisi seperti Google mengakuisisi Youtube, akuisisi Facebook terhadap WhatsApp dan Instagram, dan lain sebagainya.

Sementara merger terjadi ketika dua organisasi bergabung untuk menciptakan entitas yang sama sekali baru. Masing-masing pihak memegang bagian kepemilikan perusahaan baru dan dua organisasi perusahaan sebelumnya dibubarkan. Struktur manajemen baru dibuat dan berfungsi sebagai perusahaan yang baru. Contoh perusahaan yang melakukan merger adalah Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, dan BNI Syariah yang menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

Biasanya, merger lebih mudah dilakukan daripada akuisisi. Kedua belah pihak setuju untuk bergabung bersama dan dua pihak perusahaan mendapatkan keuntungan dari perjanjian tersebut.  Oleh sebab itu,  merger sangat jarang terjadi dan akuisisi sering dipandang secara negatif, kedua istilah tersebut menjadi semakin menyatu dan digunakan bersama satu sama lain. Restrukturisasi perusahaan terbaru biasanya disebut sebagai transaksi merger dan akuisisi (M&A). 

Beberapa manfaat sebuah perusahaan melakukan merger dan akuisisi seperti financial advantage yaitu diperolehnya manfaat keuangan baik di pasar modal maupun pasar uang karena meningkatnya ukuran (size) perusahaan, untuk meningkatkan pertumbuhan usaha yang lebih cepat karena sistem operasional dan administratifnya yang sudah baik dan mapan, mendapatkan pelanggan yang telah mapan tanpa harus merintis dari awal sehingga dapat mengurangi risiko kegagalan bisnis karena tidak harus mencari konsumen baru dan lainnya.

Nah, Smart People, strategi bisnis ini banyak disukai pelaku bisnis karena diyakini sebagai suatu langkah yang efektif untuk mengembangkan usaha daripada membangun bisnis dari nol. Selain itu, menjadi harapan bagi kedua perusahaan tersebut untuk menginjak skala pemasaran yang lebih tinggi dan peningkatan layanan yang lebih baik.

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »