Tanggal :27 January 2022

Menilik Implementasi Smart Branding di Kota Bandung

Menilik Implementasi Smart Branding di Kota Bandung

Sumber: Mochamad Taufiq, Unsplash

Smart branding menjadi salah satu dimensi dalam smart city yang berfokus untuk mempercepat pembangunan kota baik dalam segi ekosistem bisnis, pariwisata dan pengembangan wajah kota (city appearance branding). Sasaran dari smart branding adalah adanya peningkatan daya saing daerah baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Kota Bandung merupakan salah satu kota yang sangat menarik untuk dibahas terkait implementasi smart branding.

Sumber: Tastemade Indonesia

Pertama adalah pengembangan ekosistem bisnis, adapun aspek yang menjadi tolak ukur business branding yaitu membangun ekosistem investasi dan memasarkan produk serta jasa industri kreatif daerah misalnya kuliner, kriya, fashion dan lain-lain. Untuk mencapai hal ini, Kota Bandung telah merencanakan digitalisasi UMKM serta promosi pemasaran oleh-oleh khas Bandung seperti peuyeum dan pisang bollen yang tentunya tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi kota yang dikenal sebagai Paris van Java ini.

Sumber: sxpistols sxpstls, Unsplash

Selanjutnya ialah pariwisata. Tempat wisata apa yang pertama kali muncul di bayangan Smart People saat disebut Kota Bandung? Lembang? Kawah Putih Ciwidey? Atau mungkin Tangkuban Perahu? Beragam destinasi wisata yang ada di Bandung dan sekitarnya merupakan wujud dari tourism branding. Adapun aspek dari tourism branding yaitu mengembangkan destinasi wisata yang layak dan infrastruktur yang mendukung kenyamanan wisatawan.

Sumber: Bagus Wihardana, Unsplash

Last but not least, pengembangan wajah kota (city appearance branding). City appearance branding mencerminkan nilai-nilai daerah dan mengikuti dinamika modernisasi yang menginginkan sebuah tata ruang dan tata wilayah kota yang baik. Ikon menjadi poin penting agar suatu daerah mudah diingat oleh masyarakat. Adapun beberapa ikon yang terkenal di Indonesia seperti Patung Sura dan Baya, Monumen Nasional, dan tentunya Bandung juga tidak ketinggalan dengan Gedung Sate. Tak hanya Gedung Sate, Jalan Braga juga menjadi ikon Kota Bandung yang cukup dikenal sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Sampai saat ini nama jalan tersebut tetap dipertahankan sebagai salah satu objek wisata utama Kota Bandung. 

Nah Smart People, itu dia implementasi smart branding yang ada di Kota Bandung. Kota mana lagi yang akan kita telaah lebih lanjut mengenai smart branding-nya? Berikan pendapat kamu di bawah ya. 

Ditulis Oleh Mia Patricia

Referensi:

https://data.bimakota.go.id/smart-branding

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.