Tanggal :24 May 2022

Menilik Cincin Raksasa di China

Dunia kembali dikejutkan dengan kemegahan bangunan di China yang kali ini berbentuk seperti cincin baja raksasa. Bangunan megah nan unik tersebut dijuluki Ring of Life. Landmark ini berada di kota Fushun di Provinsi Liaoning, China. Bangunan ini merupakan lingkaran baja raksasa yang tingginya 157 meter (515 kaki) disertai dek observasi di atasnya yang dapat diakses dengan empat elevator. Proyek ini diperkirakan menelan biaya sebesar USD 16 juta atau sekitar Rp 158 miliar (merdeka.com).

Sumber: behindtheuniverse.wordpress.com

Saat malam tiba, Ring of Life akan bersinar terang karena telah dipasangi 12.000 lampu LED (Light Emitting Diode). Menurut beberapa orang, Ring of Life ini juga dibangun untuk bersaing dengan Gateway Arch di St. Louis, Missouri dan sebagai tempat untuk bungee jumping, namun ide itu pun ditinggalkan karena cincin tersebut terlalu tinggi untuk seorang pelompat bungee.

Landmark ini dirancang oleh Goddard Group pada tahun 2009 dan dibangun pada tahun 2013, Ring of Life telah menarik banyak orang dan turis, tidak hanya secara langsung tetapi juga secara online. Goddard mengatakan bahwa cicin sebagai metofora sebagai keseimbangan dalam segala hal dan terlepas dari kesederhanaan klasik lingkaran sempurna, tidak ada satu pun struktur dan monumen ikonik dunia telah mewujudkannya hingga sekarang. Huffington Post menyebutnya “menakjubkan” dan National Geographic mencantumkan foto cincin itu di antara “Best of September (2012)” mereka.

Goddard, selaku Presiden Goddard Group yang berbasis di Hollywood, juga diberi tugas untuk merencanakan pusat kota seluas dua kilometer persegi di Shenfu, sebuah kota yang dinamai berdasarkan lokasinya antara Shenyang dan Fushun, sekitar 450 mil timur laut dari Ibu Kota China, Beijing. Pada area The Ring of Life terdapat dua danau buatan di sekitar distrik pusat Shenfu yang dirancang. Goddard merasa bahwa simbol klasik yang terletak di tepi danau dan jalan perkotaan paling mewakili semangat kota baru Shenfu. 

Jika ingin berkunjung ke Ring of Life, pengunjung yang sedang mencari lokasinya dapat melihat cincin itu dari jauh sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukannya. Untuk menuju ke sana dapat dilakukan dengan menaiki bus ke Jalan Wangli, tepat di sebelah timur Jalan Lingkar ke-4 yang melintasi selatan Sungai Hunhe.

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

Referensi:

  1. https://m.merdeka.com/gaya/wow-china-bangun-cincin-raksasa-setinggi-157-meter.html
  2. https://www.atlasobscura.com/places/ring-of-life
  3. http://www.alluringworld.com/ring-of-life/
  4. https://www.prnewswire.com/news-releases/designer-gary-goddards-ring-of-life-attracts-global-attention-as-emblem-of-chinas-master-planned-city-of-shenfu-new-town-184101551.html
  5. https://www.amusingplanet.com/2013/06/ring-of-life-515-feet-ring-of-steel-in.html?m=1
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »