Tanggal :9 December 2022

Mengulik Transamerica Pyramid, Bangunan Menjulang di San Francisco

Kota-kota besar di seluruh dunia dapat dikenali karena memiliki berbagai bangunan dengan arsitekturnya yang unik dan mengagumkan, tak terkecuali San Francisco. Salah satu bangunannya yang menjulang tinggi dan berdiri sebagai simbol kebanggaan bagi kota dan bagian karakteristik San Francisco yang tak dapat disangkal yaitu Transamerica Pyramid.

Sumber: architecturaldigest.com

Transamerica Pyramid adalah gedung pencakar langit yang menjulang berbentuk piramid ramping setinggi 260 meter (850 kaki) di kota San Francisco. Bangunan ini dirancang oleh arsitek terkenal William Pereira dan rampung pada tahun 1972. Saat ini, Piramida Transamerica menjadi gedung tertinggi kedua di San Fransisco. Gedung tersebut sering menjadi ikon bangunan di berbagai film-film berbiaya tinggi dan film budaya populer di masyarakat seperti film serial Godzilla dan film besutan Marvel

Landmark yang menjulang ini menampilkan eksterior kuarsa putih dan memiliki lebih dari 3,000 jendela yang diperuntukkan juga sebagai penahan tremor agar tidak mengalami kerusakan atau cedera selama gempa. Pada tanggal 17 Oktober 1989, terjadi gempa berkekuatan 7,1 skala richter di Loma Prieta yang melanda Pegunungan Santa Cruz di California tengah, gedung perkantoran 49 lantai itu berguncang selama lebih dari satu menit. Instrumen U.S. Geological Survey (USGS) yang dipasang bertahun-tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa lantai atas bergoyang lebih dari satu kaki dari sisi ke sisi. Namun, tidak ada yang terluka parah, dan Piramida Transamerica tidak mengalami kerusakan.

Piramida Transamerica awalnya dipenuhi oleh kemarahan publik dan penduduk mengklaim bahwa San Francisco bukan tempat untuk “gedung pencakar langit berbentuk obelisk”. Bentuknya yang unik sebenarnya dibangun untuk kepraktisan lingkungan agar cahaya alami dan aliran udara mencapai jalanan San Francisco yang sudah padat.

Meskipun puncak menara bangunan dan ruang pertemuan panorama tidak tersedia untuk masyarakat umum, taman kecil di dasar bangunan menawarkan pemandangan bangunan yang indah dan ruang yang tenang bagi pejalan kaki untuk dikunjungi. Walaupun ada protes-protes terhadap konstruksi bangunan itu, Piramida Transamerica  tetap menjadi salah satu bangunan paling banyak difoto di dunia, selain itu juga menjadi bagian yang tak dapat disangkal dari sejarah dan budaya San Francisco. San Francisco tidak akan sama tanpa kehadiran megah Piramida Transamerica.

Ditulis Oleh Wanda Marissa

Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Transamerica_Pyramid

https://id.yourtripagent.com/brief-history-of-transamerica-building-in-san-francisco-1866

https://pubs.usgs.gov/fs/1995/0167/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »