Tanggal :24 May 2022

Mengulik Salah Satu Teknologi Revolusi Industri 4.0, 3D Printing

Design by: Arsy Eric

Apakah Smart People tahu bahwa kebutuhan mencetak bukan lagi sekedar diatas kertas? Kemajuan teknologi dapat mewujudkan imajinasi ke dalam bentuk yang lebih nyata dan dapat dirasakan melalui sentuhan. Kehadiran printer 3D menjawab kebutuhan akan mencetak sebuah desain digital menjadi sebuah produk nyata.

Teknologi 3D Printing merupakan printer yang memiliki kemampuan khusus. Jika printer pada umumnya hanya digunakan untuk mencetak dokumen, baik itu berwarna maupun tidak. Namun, 3D Printing berada ditingkatkan yang berbeda. Alat ini memiliki kemampuan mencetak sebuah benda dengan tingkat kemiripan yang hampir 100%. Tentunya benda yang dicetak tersebut berupa gambar 3D yang bukan hanya berupa hasil gambar di atas kertas saja.

Dalam proses mencetak suatu objek dibuat dengan cara meletakkan bahan/material lapis demi lapis sampai objek tersebut tercipta. Tiap-tiap lapisan terlihat sebagai penampang horizontal yang sangat tipis dari objek tersebut. Pada dasarnya memang tidak jauh berbeda dari alat printing biasa, hanya saja output yang dihasilkan berupa 3D.

Prinsip utama untuk pencetakan printer 3D yaitu membutuhkan data yang berbentuk 3 dimensi pula atau yang disebut dengan ‘data digital tiga dimensi’. Dalam dunia keteknikan biasa disebut dengan CAD (Computer Aided Design). Computer Aided Design merupakan aplikasi yang mampu menampilkan data dalam tiga dimensi.

Cara kerja printer 3D yaitu dengan memasukkan data hasil desain/cetakan dari software khusus 3D print yaitu CAD, desain yang sudah dibuat dimasukkan ke bagian printer 3D. Setelah itu, printer 3D  akan membaca desain tersebut dan akan mencairkan bahan plastik yang sudah terhubung ke dalam tabung dan akan membuat lapisan di piringan logam, dimana bahan plastik tersebut akan mengeras setelah terkena udara. Proses ini disebut FDM (Fused Depositional Modelling) dimana struktur 3 Dimensi (3D) terbuat dengan mencetak area yang sama, berlapis-lapis menggunakan plastik cair di area yang sama secara berulang.

Kegunaan 3D Printing tidak hanya untuk memproduksi barang 3 Dimensi (3D) seperti action figure dan mainan, tetapi juga dapat dipakai pada kehidupan sehari-hari seperti penyembuhan atau medis, visualisasi, aerospace atau penerbangan angkasa serta 3D Printing menjanjikan revolusi di bidang manufaktur, dengan banyak peluang untuk menghasilkan desain yang akan sangat mahal.

Teknologi 3D Printing menjadi salah satu teknologi dalam Revolusi Industri 4.0. Teknologi ini telah berkembang pesat dan diprediksi akan menjadi salah satu teknologi yang akan mengubah dunia dimasa depan. Saat ini, 3D Printing digunakan lebih dari satu sektor industri dan juga bisa mendongkrak hasil produksi.

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »