Tanggal :26 September 2022

Mengulik Peran Community Marketing Bagi Sebuah Bisnis

Design by: Arsy Eric

Community marketing adalah strategi pemasaran dalam suatu bisnis yang aktif berinteraksi dengan komunitas konsumennya. Interaksi ini bisa dilakukan baik online maupun offline seperti di grup Facebook, komunitas di suatu kota, event, seminar, atau forum online.

Melalui strategi community marketing ini, secara tidak langsung sebenarnya pelaku bisnis juga sedang menjalankan promosi untuk meningkatkan penjualan, mendapatkan pelanggan baru, atau menambah leads, persis seperti strategi pemasaran lainnya. Hanya saja, dibandingkan strategi lainnya, community marketing dilakukan secara lebih halus dan berjalan dalam jangka panjang.

Bila digital marketing adalah sebuah strategi untuk menyaring customer baru, maka community marketing adalah strategi agar para customer merasa nyaman dengan produk yang ditawarkan perusahaan. Community marketing merupakan strategi yang mengajak pelanggan mereka untuk lebih ingin terlibat dengan brand.

Dilansir dari GetCraft, pada era modern ini pelanggan tidak hanya ingin menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga ingin didengar oleh penyedia brand. Bila perusahaan interaktif dan aktif mengulas feedback pelanggannya, tingkat kesetian customer pada brand akan meningkat.

Ternyata, memanfaatkan komunitas untuk pemasaran merupakan strategi jitu dengan segudang manfaat. Tak hanya menciptakan konsumen yang loyal, tetapi juga bisa meningkatkan brand awareness. Win-win solution! Apakah Smart People siap menerapkan community marketing untuk bisnis kalian?

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »