Tanggal :24 May 2022

Mengulik Menara Tertinggi di Dunia, Seperti Apa Ya?

Jepang selalu memberikan daya tariknya kepada dunia. Selain menawarkan keindahan alamnya, Jepang juga memiliki kuliner yang khas dan lezat yaitu ramen, sushi, udon, soba, tempura, gyoza dan masih banyak lagi. Di Jepang juga terdapat tempat-tempat yang unik dan mengagumkan seperti Fuji Highland, Tokyo Disneyland & Disneysea, Istana Himeji, Fushimi Inari-taisha, Harajuku, Universal Studio Japan, Kyoto Imperial Palace, Nara Park dan salah satu bangunan yang menjadi menara tertinggi di dunia, Tokyo Skytree.

Tokyo Skytree atau Tōkyō Sukaitsurī merupakan situs siaran televisi dan radio utama untuk wilayah Kanto; Menara Tokyo yang lebih tua tidak lagi memberikan liputan siaran televisi terestrial digital yang lengkap karena dikelilingi oleh gedung-gedung tinggi. Desain menara ini diterbitkan pada 24 November 2006 berdasarkan tiga konsep yaitu perpaduan desain neo futuristik dan keindahan tradisional Jepang, katalisator untuk revitalisasi kota dan kontribusi untuk pencegahan bencana “Keselamatan dan Keamanan”. Ketinggian 634 m (2.080 kaki) dipilih agar mudah diingat. Angka 6 (mu), 3 (sam), 4 (shi) adalah singkatan dari “Musashi”, nama lama dari wilayah tempat Tokyo Skytree berdiri.

Sumber: istockphoto.com

Menara ini memiliki pemeriksaan seismik, termasuk poros tengah yang terbuat dari beton bertulang. Pilar melekat pada kerangka menara dengan peredam minyak bertindak sebagai bantal selama gempa bumi. Ketahanan tambahan dicapai melalui “mekanisme kontrol massa tambahan” (atau peredam massa yang disetel) – sistem peredam jika terjadi gempa bumi. Menurut perancang, peredam dapat menyerap 50 persen energi dari gempa bumi.

Pada ada 22 Mei 2012 menara dibuka untuk umum. Menara ini adalah pusat dari pengembangan komersial besar yang didanai oleh Tobu Railway yang merupakan perusahaan pada sektor transportasi (yang memiliki kompleks) dan sekelompok enam penyiar terestrial yang dipimpin oleh NHK (Nippon Hoso Kyokai) atau Lembaga Penyiaran Jepang. Pada 16 Oktober 2000, desain iluminasi diterbitkan. Dua pola iluminasi Iki (chic, stylish) biru langit dan Miyabi (keanggunan, penyempurnaan) ungu akan digunakan, berganti-ganti setiap hari. Menara diterangi menggunakan LED (Light Emitting Diode).

Fakta menarik tentang Tokyo Skytree yaitu merupakan menara tertinggi di dunia. Pada tahun 2011, Guinness Book of Record menetapkan Tokyo Skytree sebagai menara tertinggi di dunia karena ketinggiannya mencapai 634 meter. Namun, rekor tersebut hanya berlaku untuk kategori menara dan bukan kategori bangunan buatan manusia. Sebab, untuk kategori bangunan buatan manusia rekor tertinggi diraih oleh Burj Khalifa, Dubai. 

Tak hanya itu, fakta lain dari menara ini adalah jarak pandang sejauh 75 km, dilengkapi lift super cepat, terdapat akuarium raksasa didalamnya dan trik efek ruangan yang memukau, yaitu permainan cahaya dengan kaca yang menciptakan efek seolah pengunjung yang berada di dalamnya berada di sebuah ruangan yang luas, seperti melayang di angkasa atau merasakan bumi yang bulat, dan sebagainya.

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

Referensi:

  1. https://www.google.co.id/amp/s/www.tokopedia.com/blog/tempat-wisata-di-jepang-tvl/amp/
  2. https://m.traveloka.com/id-id/activities/article/japan
  3. https://bimata.id/2020/03/fakta-tokyo-skytree-menara-tertinggi-di-dunia/amp/
  4. https://sibukliburan.id/5-fakta-tokyo-skytree-yang-menarik-untuk-diketahui/
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »