Tanggal :2 July 2022

Mengulas Suksesnya Bisnis Kopi Kenangan

Salah satu produk yang ditawarkan Kopi Kenangan | Sumber: Korea Indonesia Creative

Halo Smart People! Siapa nih yang kalau pagi ga minum kopi jad ga good to go? Buat Kamu para pecinta kopi pasti familiar dong dengan Kopi Kenangan. Kali ini, kita akan membahas tentang Kopi Kenangan (KopKen) yang kekinian. Bukan menunya, namun bagaimana perkembangan bisnisnya. Yuk kita simak ulasan di bawah ini.

Kopi Kenangan yang dikelola Kenangan Group merupakan gerai minuman non-franchise berkonsep grab-and-go di Indonesia. Kopi Kenangan didirikan oleh Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa pada 2017 dengan kedai pertama di daerah Kuningan. 

Tahukah kamu jika Kopi Kenangan ternyata hanya membutuhkan jumlah staf yang sedikit. Hal ini mungkin terjadi karena KopKen memaksimalkan kehadiran GoFood, GrabFood dan aplikasi milik sendiri. Aplikasi-aplikasi tersebut ternyata memudahkan Kopi Kenangan untuk menjangkau lebih jauh para pembelinya. Dengan ukuran toko yang kecil dan staf yang lebih sedikit, Kopi Kenangan berhasil mengurangi biaya operasional dan mencetak laba dengan cara fokus pada pengembangan dan inovasi produk, strategi pemasaran dari mulut ke mulut dan promosi lewat media sosial.

Mereka juga melakukan efisiensi dengan mengadopsi berbagai teknologi di jaringan kafenya. Saat ini, Kopi Kenangan mengkaji teknologi yang bisa diadopsi dan cara mengimplementasikannya dengan tujuan untuk mengurangi biaya usaha tanpa menurunkan kualitas produk menggunakan otomatisasi, inventory management ataupun demand balancing.

Barista Kopi Kenangan | Sumber: Kelana Nusantara

Di tengah pandemi ini, Kopi Kenangan telah mendapatkan suntikan dana dari investasi Seri B senilai 109 juta dolar AS (1,6 triliun) yang dipimpin oleh Sequoia Capital India. Menurut data VentureCap, Kopi Kenangan memiliki valuasi sekitar 500 juta dolar AS (sekitar Rp7,34 triliun). Per bulannya, mereka dapat menjual lebih dari 3 juta minuman dan punya lebih dari satu juta pelanggan di aplikasi.

Hingga saat ini, Kopi Kenangan memiliki 484 gerai di 19 kota di Indonesia. Kopi Kenangan juga memiliki pusat training untuk para baristanya yang dinamakan Kenangan Academy dan telah beroperasi sejak 2020. Tak hanya sekedar menyediakan kopi saja bagi para pelangganya, di tahun 2020, Kenangan Group melahirkan Cerita Roti, dan meluncurkan Chigo pada 25 Februari 2021. 

Buat Kamu yang tertarik untuk membuat bisnis kopi kekinian, cara Kopi Kenangan ini bisa Kamu jadikan sebagai referensi nih Smart People!

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »