Tanggal :27 January 2022

Mengenal User Generated Content dan Manfaatnya Bagi Sebuah Brand

Design by: Arsy Eric

Apakah Smart People seringkali mempertimbangkan foto atau review dari pengguna lain sebelum membeli suatu produk? Nah, review atau foto dari pengguna lain ini bisa disebut sebagai user generated content (UGC). Konten dari pengguna tersebut ternyata memiliki efek yang baik untuk meningkatkan kepercayaan, loh! Apalagi, saat ini media sosial tengah marak digunakan sehingga konten semacam itu lazim ditemukan. Lalu, sebenarnya apa itu user generated content?

User generated content atau UGC adalah semua konten baik seperti foto, video, teks, ulasan dan sebagainya yang dibuat oleh para konsumen, pelanggan atau bahkan followers yang mereka posting atau sebarkan di media sosial. Biasanya, mereka melakukan hal ini untuk menceritakan pengalaman dan opini mereka setelah menggunakan suatu produk/servis yang mereka sukai.

Terkadang, mereka juga menggunakan hashtag dan mention brand tersebut agar ditemukan atau sampai kepada brand yang dituju. Nantinya, brand tersebut akan mengunggah kembali konten yang telah dibuat oleh konsumen tersebut di media sosialnya. Bagi beberapa brand, Instagram masih menjadi salah satu media sosial terbesar untuk membuat UGC. Biasanya, para brand tersebut akan meminta izin atau menyertakan kredit di caption fotonya.

Melalui cara ini, UGC dipercaya akan meningkatkan kepercayaan para followers atau target audiens serta sebagai salah satu bahan marketing suatu brand. Mengapa? Hal ini dikarenakan user generated content terlihat lebih alami dan langsung dari experienced-user bukan brand ambassador

Ada beberapa hal yang membuat user generated content memiliki peran penting dalam strategi pemasaran sebuah brand atau produk, yaitu sifatnya yang autentik dapat mendorong pembelian konsumen, meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pelanggan, meningkatkan kepercayaan, meningkatkan engagement serta hemat biaya pemasaran.

Perlu diingat dalam menarik konsumen, pastikan untuk memposisikan kebutuhan konsumen menjadi yang utama. User generated content adalah salah satu konten yang digunakan untuk meyakinkan konsumen kalian atas keraguan dalam melakukan aksi pembelian, karena sampai saat ini dinilai masih efektif sebagai sarana marketing. Jika Smart People ingin meningkatkan keterlibatan pengguna maka pastikan kalian memasukkan user generated content dalam strategi content marketing kalian, ya!

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.