Tanggal :24 May 2022

Mengenal Apa Itu Pay-Per-Click (PPC) Sebagai Salah Satu Strategi Digital Marketing

Design by: Arsy Eric

Pay-Per-Click (PPC) adalah model iklan internet yang digunakan untuk mengarahkan traffic ke situs web. Pengiklan harus membayar kepada penerbit iklan (biasanya search engine, pemilik situs web, atau platform media sosial) ketika iklan tersebut di-klik oleh seseorang. Dengan kata lain, PPC merupakan cara untuk membeli traffic ke website kalian.

Iklan dengan PPC memungkinkan pengiklan untuk bisa menargetkan audiens yang lebih relevan. Dengan kata lain, iklan hanya akan dilihat oleh mereka yang memenuhi kriteria. Ada banyak aspek yang dapat disesuaikan seperti demografi, minat, query pencarian dan masih banyak lagi.

Ada beberapa jenis PPC yang sering kita temui yaitu Search Advertising, Social Advertising, Display Advertising, Google Shopping dan Remarketing. Tidak hanya Google saja yang menyediakan iklan Pay-Per-Click. Hampir semua platform media sosial juga menyediakan sistem iklan yang sama seperti Facebook dan Instagram.

Pay-Per-Click juga dapat jadikan sebagai sarana riset untuk menentukan keyword mana yang paling berperan mendatangkan pengunjung ke website. Keyword ini nantinya dapat digunakan dalam strategi SEO untuk memperoleh traffic organik lebih banyak lagi.

Nah Smart People, Pay-Per-Click menjadi salah satu model iklan yang cukup efektif dan efisien, bisa diterapkan oleh sebuah bisnis pada era digital ini. Terutama, apabila calon pelanggan adalah orang-orang yang telah terhubung dengan internet dan sering menggunakan media sosial.

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »