Tanggal :21 May 2022

Masa Depan Kemanusiaan dan Dunia Teknologi — Masyarakat 5.0

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana dunia kita akan bekerja dalam 10 atau 20 tahun ke depan? Bagaimana kehidupan manusia saat itu? Apakah manusia akan dijajah oleh mesin seperti yang digambarkan  film Terminator? Bisa jadi… Mari  mencoba untuk menggambarkan bagaimana kehidupan kita nantinya menurut pemerintah Jepang. Mengapa Jepang? Karena infrastruktur di Jepang dan perkembangan teknologi disana sangat canggih, dan tentunya sangat memungkinkan untuk mewujudkan kondisi ideal di mana manusia dapat hidup lebih baik dengan didukung oleh teknologi. Konsep ini dinamakan Society 5.0.

Sumber : pajak.com

Apa itu Society 5.0?

Society 5.0 adalah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan pemecahan masalah sosial dengan sistem yang sangat mengintegrasikan ruang siber dan ruang fisik. Konsep ini merupakan langkah ke-5 dari road map ilmu pengetahuan dan teknologi dasar.

Bagaimana Komunitas Hidup dalam Society 5.0?

Saat memasuki Society 5.0, semua data yang dikumpulkan sejak periode Society 4.0 akan diproses dan diubah menjadi bentuk kecerdasan baru oleh kecerdasan buatan (AI) dan disebarkan ke semua sektor kehidupan masyarakat. Kehidupan manusia diharapkan lebih nyaman dan stabil karena manusia akan mendapatkan pasokan produk dan jasa dalam jumlah dan waktu yang tepat.

Dunia dapat mengharapkan beberapa perbaikan dari sektor-sektor ini:

1. Kesehatan

Sumber : mediaindonesia.com

Perawatan medis yang efektif berdasarkan data dapat diberikan dengan menghubungkan dan berbagi data medis yang tersebar di berbagai rumah sakit. Rumah sakit di daerah terpencil dapat memberikan pelayanan melalui aplikasi, sehingga masyarakat yang kesulitan untuk berobat ke rumah sakit tetap dapat memperoleh pelayanan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan dasar seperti pemeriksaan detak jantung, pemeriksaan tekanan darah, dan lainnya dapat dilakukan di setiap rumah dengan bantuan teknologi, sehingga kesehatan masyarakat tetap terjaga dan harapan hidup manusia meningkat.

2. Transportasi dan Mobilitas

Sumber : motoris.id

Kendaraan otonom adalah hal yang biasa digunakan. Kendaraan ini akan membantu masyarakat yang kesulitan menjangkau fasilitas umum seperti rumah sakit. Mobil otonom bisa mengantar masyarakat yang tidak bisa berkendara untuk sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Selain itu, teknologi drone otomatis membuat proses logistik menjadi lebih mudah dan efisien.

3. Infrastruktur

Sumber : rumah.com

Penggunaan sensor akan umum digunakan di mana saja. Sensor ditempatkan di terowongan, di jembatan, di bendungan air, dan di seluruh kota. Sensor ini akan menghitung jumlah kendaraan yang lewat, merekam pelanggaran lalu lintas, mendeteksi ketinggian air, dan memberikan peringatan jika ada bagian konstruksi yang perlu diperbaiki. Robot dan mekanisme otomatis juga diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan, efisiensi, dan produktivitas.

4. Teknologi Keuangan

Sumber : mediaindonesia.com

Teknologi Blockchain akan menjadi hal yang umum digunakan dalam transaksi keuangan sehari-hari. Dengan penerapan teknologi blockchain diharapkan dapat memangkas waktu dan biaya transaksi, sekaligus meningkatkan keamanan dalam transaksi sehari-hari. Blockchain ini adalah suatu transaksi digital yang berdasarkan pada strukturnya, yang mana catatan setiap individu yang disebut dengan blok akan dihubungkan bersama dalam satu daftar yang dikenal dengan chainBlockchain juga digunakan untuk mencatat kegiatan transaksi yang dilakukan dengan cryptocurrency.

Kesimpulan

Jadi sepertinya kita bisa bernafas lega setelah melihat visi Society 5.0. Manusia tidak akan tergantikan oleh mesin, tetapi manusia akan menjadi pusat kehidupan sosial dan mesin akan menjadi sistem pendukung di sekitarnya. Kecerdasan buatan akan membantu membuat pilihan alternatif bagi manusia dan manusia akan membuat keputusan. Akan ada lebih banyak pilihan sumber energi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Otomasi di sektor pertanian akan meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi masalah kesulitan pangan. Di bidang kesehatan, akan lebih banyak sistem pendukung dari kecerdasan buatan dan robot sehingga risiko kecelakaan dan tingkat kemacetan bisa berkurang. Di sektor keuangan, blockchain akan membuat terobosan baru dalam melakukan transaksi keuangan sehari-hari.

Wow, Smart People tidak sabar bukan Untuk melihat kehidupan kita nanti di periode Society 5.0? Bagaimana pendapat kalian?

Penulis: Diva Maharani | Ilustrasi: Akbar Nugroho

Sumber:

  1. https://www.japan.go.jp/abenomics/_userdata/abenomics/pdf/society_5.0.pdf
  2. https://www.gov-online.go.jp/cam/s5/eng/
  3. https://www.globaljapan.world/article/japan-leads-world-in-education-for-society-5-0/
  4. https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »