Tanggal :1 July 2022

Masa Depan dengan Kecerdasan Buatan

Tampilan terbaru dari mode gelap search engine milik Google yang dapat digunakan | Foto:9to5Google

Smart People pasti sudah sangat umum menggunakan search engine seperti Google, Bing dan lainnya. Apakah Smart People tahu bahwa search engine merupakan salah satu contoh AI (artificial intelligence)?

Artificial intelligence atau dikenal dengan kecerdasan buatan adalah sebuah teknologi yang diprogram dengan kemampuan agar dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih efisien. Teknologi ini mampu memahami dan menganalisis dengan mempelajari data dari algoritma yang dirancang secara khusus. 

Robot android humanoid Alter di museum Mirakian, Tokyo | Foto: Maximalfocus, Unsplash

Dilansir dari dicoding.com, artificial intelligence memiliki dua kategori yaitu AI lemah (Weak AI) yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu, seperti menjawab pertanyaan berdasarkan apa input dari pengguna atau bermain catur dan AI kuat (Strong AI) yang dirancang dengan sistem yang bersifat kognitif layaknya manusia. Ketika AI kuat ditugaskan, maka sistem ini akan memberikan solusi yang baik tanpa peran manusia dan juga akan belajar sendiri untuk menyelesaikan sebuah permasalahan baru.

Dilansir dari nagitec.com, ada tiga jenis AI yang telah terkenal, yaitu Manipulation AI, Neural AI, dan Neural Networks. Manipulation AI adalah jenis yang paling sering digunakan dalam sebuah penelitian. AI jenis ini menggunakan simbol abstrak.

Neural AI merupakan jenis kecerdasan buatan yang populer sejak tahun 80-an. AI ini merepresentasikan pengetahuan melalui neutron buatan yang kemudian dihubungkan melalui proses belajar. Sementara itu, Neural Networks adalah jenis AI yang diatur dalam lapisan yang berkaitan dengan simulasi. Biasanya, AI jenis ini digunakan dalam proses eksperimen berulang sehingga AI dapat memahami konstruksi perlakuan yang diberikan manusia terhadap teknologi canggih ini.

Penerapan AI dalam sistem pengenalan wajah | Foto: Sprocket

Walaupun terdengar rumit, kenyataannya banyak sekali kecerdasan buatan yang telah kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Seperti contoh, deteksi dan pengenalan wajah. Ini juga termasuk jenis teknologi yang sudah mulai banyak digunakan di masyarakat. Dilansir dari merdeka.com, cara kerja mesin ini untuk dapat mengenali fitur wajah yaitu dengan mengidentifikasi koordinat wajah (x, y, w, dan h; yang dapat membuat persegi di sekitar wajah sebagai area yang diminati), landmark (mata, hidung, dll), dan alignment (struktur geometris).

Mulai dari search engine hingga mobil yang dapat mengemudi sendiri, semuanya dapat dilakukan dengan AI. Bukan tidak mungkin apabila akan ada banyak kemampuan menakjubkan lainnya yang dapat dilakukan oleh AI di masa depan. Bagaimana Smart People, menarik bukan? Kemampuan apalagi yang dapat dilakukan oleh AI di masa depan menurut Kalian? Berikan komentar di bawah ya!

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. https://m.merdeka.com/jateng/contoh-kecerdasan-buatan-dalam-kehidupan-sehari-hari-perlu-diketahui-kln.html?page=all
  2. https://nagitec.com/penerapan-teknologi-ai-dalam-kehidupan/
  3. https://www.dicoding.com/blog/contoh-kecerdasan-buatan/
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »