Tanggal :5 February 2023

Manfaat Terapkan Smart Manufacturing Bagi Dunia Industri

Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat, membuat dunia industri mengikuti perubahan yang ada. Konsep manufacturing sudah ada sejak tahun 2000-an, sehingga perlu beradaptasi agar dapat mengoptimalisasi kinerja perusahaan. Hal ini dipengaruhi oleh tuntutan dari kondisi perusahaan yang sering berubah-ubah, sehingga untuk mengatasinya memerlukan smart manufacturing. 

Smart Manufacturing merupakan kombinasi teknologi dan solusi yang diterapkan untuk optimalkan proses manufaktur, sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan secara keseluruhan, (Helios, 2022). Konsep ini berfokus pada pemanfaatan data dan implementasi Internet of Things (IoT), untuk menyimpan data dan sistem secara otomatis guna memberitahukan tentang tugas yang harus pekerja lakukan dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya, sehingga produksi menjadi efektif. 

Apa Tantangan Dunia Industri Menuju Smart Manufacturing?

Untuk menuju smart manufacturing, sebuah perusahaan tentu rentan terhadap kebocoran data. Sebab, hal tersebut dipengaruhi dari koneksi yang cepat sehingga menjadi celah  untuk mendapatkan berbagai informasi mulai dari production line, data pribadi karyawan maupun perusahaan. 

Tidak hanya itu, koneksi internet maupun perangkat personal juga menjadi salah satu hambatan dalam industri manufaktur. Dalam satu production line, terdapat banyak blind spot yang menyebabkan koneksi internet yang tersambung dengan device menjadi tidak maksimal.  

Apa Keunggulan Smart Manufacturing bagi dunia Industri?

Suatu sistem tentu memiliki tingkat keamanan yang berbeda-beda, salah satunya smart manufacturing yang telah menerapkan Internet of Things (IoT) guna meningkatkan sistem agar lebih efisien dan produktif. Berikut ini keunggulan dari smart manufacturing, yaitu: 

  • Meningkatkan Sistem Keamanan 

Pada teknologi smart manufacturing telah menggunakan sistem AI generation firewall guna memeriksa, menyaring dan mencegah terjadinya cyber attack termasuk ransomware pada infrastruktur IT (Information and Technology) milik industri manufaktur. 

  • Melakukan Perawatan Otomatis

Mesin-mesin yang terdapat di perusahaan secara otomatis dapat mengumpulkan data dari perangkat lunak guna memberikan informasi dalam bentuk visual interaktif kepada karyawan. 

  • Manajemen Inventory dan Supply Chain

Teknologi AI generation akan membantu perusahaan dalam melakukan pengecekan stok barang, barang dari distributor, sampai pengiriman barang dari perusahaan. 

  • Data Cloud Mudah Diakses

Adanya sistem ini memudahkan perusahaan dalam mengakses data secara fisik melalui Internet of Things (IoT) guna mengontrol status mesin dan produksi jarak jauh. 

Konsep manufacturing telah membawa perubahan besar bagi dunia industri. Selain memudahkan pekerjaan manusia melalui implementasi Internet of Things (IoT), konsep ini juga membuat beberapa industri manual telah berevolusi mengikuti perkembangan zaman dengan membuat perubahan di dunia digital.

Reference

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »