Tanggal :2 July 2022

Makna Glokalisasi dan Peranannya

Design by: Arsy Eric

Glokalisasi (glocalizationadalah sebuah strategi perusahaan internasional dengan mengadaptasi metode, produk, atau layanannya agar sesuai dengan pasar setempat. Kata “glokalisasi” mengacu pada konsep untuk menjelaskan individu, kelompok, organisasi, produk, atau jasa yang merefleksikan sekaligus standar global dan standar lokal (cerdasco.com).

Ide dasar dari glokalisasi adalah memasuki pasar di berbagai negara sambil mengadaptasi penawaran dengan kebutuhan dan preferensi konsumen setempat. Sehingga, penawaran perusahaan lebih menarik bagi konsumen di masing-masing negara.

Glokalisasi tidak cocok untuk semua perusahaan. Strategi ini biasanya bekerja lebih efektif ketika perusahaan memiliki struktur manajemen terdesentralisasi. Dengan begitu, unit bisnis memiliki fleksibilitas yang lebih besar untuk mengambil keputusan dan mengembangkan strategi sesuai dengan kondisi pasar dan persaingan di masing-masing negara.

Prosesnya bisa mahal dan membutuhkan sumber daya intensif. Untuk menjangkau pasar di negara lain, perusahaan mungkin harus mendirikan anak usaha. Alternatifnya, perusahaan dapat mengakuisisi perusahaan yang sudah ada di pasar target. Strategi lainnya adalah melalui usaha patungan, licensing atau franchising.

Kebutuhan ekspansi ke luar negeri semakin meningkat seiring dengan pasar domestik yang telah mature di negara-negara maju. Pasar luar negeri menjanjikan peluang yang lebih besar untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang. Dalam kasus ini, strategi glokalisasi penting untuk meningkatkan peluang sukses ekspansi tersebut. Keberhasilan strategi ini berasal dari kepekaan yang tinggi terhadap selera, persyaratan, dan kebiasaan konsumen lokal.

Glokalisasi menawarkan sejumlah manfaat, baik bagi perusahaan maupun negara tujuan seperti meningkatkan peluang kesuksesan masuk ke pasar asing, mendorong inovasi di dalam perekonomian negara target, menawarkan lebih banyak pekerjaan bagi masyarakat lokal, meningkatkan kapasitas produktif perekonomian serta menawarkan konsumen akses lebih baik ke produk dan jasa yang lebih banyak,  murah, dan beragam.

Contoh pengaplikasian strategi ini yaitu mobil yang dijual di seluruh dunia. Meskipun sebagian besar mirip, namun beberapa bagian disesuaikan untuk memenuhi kriteria lokal seperti standar emisi atau posisi setir (kanan dan kiri) atau makanan cepat saji seperti McDonald. Perusahaan mengoperasikan restoran di berbagai dunia. Ingin menciptakan menu standar untuk semua orang di berbagai negara, perusahaan mengembangkan menu dengan menyesuaikan selera lokal. Sehingga seringkali menemukan menu unik yang hanya tersedia di negara tertentu dan tidak di negara lain.

Beradaptasi dengan kebutuhan lokal memungkinkan penawaran perusahaan lebih disukai. Itu juga membantu memposisikan perusahaan agar lebih relevan dengan kondisi pasar lokal. Dengan begitu, perusahaan lebih siap bersaing secara efektif.

Penulis : Wanda Marissa | Illustrator : Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »