Tanggal :5 February 2023

Makin Keren, iPhone 14 Punya Fitur Komunikasi Satelit untuk Keadaan Darurat

September 2022 lalu, Apple resmi luncurkan iPhone 14 series. Selain menawarkan fitur-fitur yang tidak ada di tipe lain, iPhone 14 memiliki fitur konektivitas satelit untuk berkomunikasi ketika pengguna dalam kondisi darurat atau saat tidak bisa menjangkau sinyal operator seluler maupun internet.

Cara kerja fitur ini adalah dengan membantu pengguna mengarahkan ponsel ke arah yang akan memberikan sinyal terbaik. Setelah tersambung satelit, pengguna dapat menerima pesan dan membuka pesan yang akan terhubung ke penyedia layanan darurat.

Sayangnya, proses pengiriman tersebut lumayan memakan waktu yang lama karena konektivitas satelit cukup terbatas. Apalagi kalau pengguna ada di bawah dedaunan lebat atau terhalang benda lain, hal itu akan menghambat pesan untuk sampai ke satelit. 

Pesan itu akan berisi beberapa pertanyaan seperti “Ada yang terluka?”, serta beberapa opsi jawaban yang bisa pengguna pilih untuk meresponsnya. Pesan tersebut dikompres hingga sepertiga dari pesan normal, sehingga pengirimannya bisa lebih cepat. 

Ketika pesan dikirim ke satelit, selanjutnya pesan tersebut akan diteruskan ke pusat tanggap darurat. Bila lembaga tersebut hanya menerima panggilan suara, maka pesan pengguna akan dikirimkan ke pusat respons yang terhubung ke pusat tanggap darurat.

Untuk tahap awal, Apple menyediakan fitur ini untuk pengguna iPhone 14 series di AS dan Kanada, kemudian kedepannya akan dirilis ke pasar lain. Bagaimana menurut Anda? 

Reference

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »