Tanggal :9 December 2022

Lotus Temple: Situs Religi Dengan Bangunan Unik

Di kawasan Asia Selatan, India merupakan salah satu destinasi wisata eksotik. Negara ini memiliki pesona tersendiri karena keragaman budaya hingga situs religinya. Salah satu kota yang dapat dikunjungi dengan keragaman situs religi di India adalah New Delhi. Ada banyak kuil Hindu, masjid dari Abad Pertengahan, Gurdwara Sikh dan lainnya di New Delhi, India. Namun, ada satu bangunan yang menarik perhatian karena bentuk bangunannya yang unik menyerupai bunga lotus yang mekar, Lotus Temple namanya.

Sumber: orangesmile.com

The Lotus Temple adalah rumah ibadah agama Baha’i yang didedikasikan pada bulan Desember 1986. Lokasinya terletak di tengah 26 hektar taman di Jalan Kuil Lotus di Bahapur, dekat Nehru Place, di Delhi Selatan, India. Bangunan ini terkenal karena bentuknya yang seperti bunga, serta arsitekturnya yang tidak biasa dan menjadi daya tarik yang mencolok di kota. Kuil ini berbentuk lingkaran dengan sembilan sisi dan sembilan pintu masuk. Angka sembilan diyakini sebagai kesempurnaan. Kuil ini juga dikelilingi oleh sembilan kolam. Kelopak di The Lotus Temple yang berjumlah 27 buah ini terbuat dari beton dan dilapisi oleh pualam.

Kuil ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Furiburz Sabha. Desain lotus dipilih karena dianggap sangat penting bagi banyak agama di dunia, termasuk Islam, Jainisme, Budha, dan Hindu. Bangunan ini tidak memiliki pilar dan memiliki 2.500 tempat duduk dengan atap kaca agar memungkinkan cahaya alami masuk. The Lotus Temple telah memenangkan beragam penghargaan dalam bidang arsitek. 

The Lotus Temple merupakan kuil terakhir dari tujuh kuil utama Bahai yang dibangun di seluruh dunia. Sebelumnya, telah ada enam kuil utama Baha’i yang dibangun di seluruh dunia, yaitu Apia (Samoa Barat), Sidney (Australia), Kampala (Uganda), Kota Panama (Panama), Frankfurt (Jerman) dan Wilmette (USA).

Kuil tersebut memiliki aturan terbuka untuk semuanya, yaitu terbuka untuk semua penganut agama lain (Islam, Hindu, Kristen, Budha dan agama lainnya). Aturan ini berhubungan dengan hukum Baha’i yang lebih menekankan semangat House of Worship, yaitu sebuah tempat berkumpulnya orang-orang beragama yang menyembah Tuhan (meskipun berbeda) tanpa pembatasan. Agama yang berasal dari Iran ini mempromosikan kesatuan dan bertujuan untuk menciptakan persatuan dunia dengan menghilangkan semua prasangka termasuk ras dan gender. Setiap harinya, kuil ini diperkirakan didatangi oleh 15.000 pengunjung. 

Seperti Museum, The Lotus Temple memiliki banyak informasi dan pemahaman yang lebih dalam tentang agama Baha’i dalam bentuk foto dan teks yang dipajang serta film pendek penuh wawasan yang diputar setiap 20 hingga 30 menit. Kompleks kuil ini dibuka setiap hari selasa – minggu dari jam 9 pagi hingga saat matahari terbenam. Selama musim dingin, dari Oktober hingga akhir Maret dan di musim panas, dari April hingga akhir September hingga jam 7 malam. Jika berkunjung ke India, The Lotus Temple bisa jadi salah satu destinasi wisata yang masuk kedalam wishlist, loh!

Ditulis Oleh Wanda Marissa

Referensi:

https://www.google.co.id/amp/s/m.tribunnews.com/amp/travel/2019/01/25/4-situs-religi-paling-populer-di-new-delhi-ada-kalkaji-mandir-hingga-lotus-temple

https://tazvita.com/lotus-temple-kuil-unik-berbentuk-lotus-di-india/

http://agolf.xyz/the-lotus-temple-rumah-ibadah-indah-di-delhi/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »