Tanggal :2 July 2022

“Lombok-Sumbawa Infinite Experiences” Perkuat Branding Pariwisata NTB

Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada pada bagian Barat Kepulauan Nusa TenggaraIbu kota provinsi ini berada di kota Mataram. Nusa Tenggara Barat memiliki 10 Kabupaten dan 2 Kota, termasuk kota Mataram. Pada tahun 2020, penduduk Nusa Tenggara Barat berjumlah 5.320.092 jiwa, dengan kepadatan 264 jiwa/km. Provinsi Nusa Tenggara Barat atau biasa disingkat NTB terletak di ujung barat Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi ini memiliki 378 pulau kecil dengan dua pulau besar, yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Ratusan pulau itu membentang sepanjang selatan Indonesia.

Sumber: ntbprov.go.id

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang paling dikenal masyarakat Indonesia hingga mancanegara adalah keindahan pantainya yaitu Pantai Pulau Kenawa, Pantai Selong Belanak, Pantai Gili Meno, Pantai Gili Air, Pantai Senggigi, Pantai Rantung, Pantai Gili Trawangan, Pantai Maluk, Pulau Moyo, Pantai Lawar dan masih banyak lagi. Nusa Tengga Barat juga memiliki taman laut yang memiliki pesona tersendiri. Taman laut di NTB ini dikenal sangatlah indah, meski tak segencar promosinya seperti Raja Ampat atau wilayah lainnya, akan tetapi taman laut di Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki 26 titik diving dan dikunjungi wisatawan mancanegara.

Sebagai salah satu provisi di Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya dan pariwisata yang patut untuk dibanggakan, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menerapkan Smart City Branding dengan citra pariwisata daerah. Smart city branding merupakan salah satu strategi dari pemasaran suatu kota untuk membuat positioning yang besar dan kuat dalam regional maupun secara global. Smart City Branding adalah upaya pengukuhan identitas dari kota yang berguna untuk memasarkan segala aktivitas dari kota tersebut, terutama potensi wisata dan budayanya.

Sumber: travel.tempo.co

Baru-baru ini, NTB telah melakukan re-branding pariwisata dari ‘Friendly Lombok’ menjadi ‘Lombok-Sumbawa Infinite Experiences’ yang merupakan terobosan dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB sebagai upaya meningkatkan promosi destinasi yang ada di NTB. Mewakili Gubernur Nusa Tengga Barat (NTB), Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi berharap dengan adanya terobosan-terobosan baru yang dilakukan oleh BPPD baik melalui karya foto mapun video terbaik dapat menjadi media promosi visual dan digital yang sangat ampuh untuk meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Lombok-Sumbawa.

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB telah melakukan kajian secara teoritis dan konsultasi dalam upaya re-branding ini kepada tim ahli baik di dalam dan luar negeri serta stakeholder pariwisata termasuk Dinas Pariwisata NTB. Kajian brand ini dilihat dari keunggulan / value propositions pariwisata NTB serta keunikan baik dari segi alam, budaya dan buatan. Brand Infinite Experiences yang dikaji oleh tim akademisi memiliki makna bahwa Lombok-Sumbawa memiliki keunggulan yang secara alam, budaya dan buatan yang tidak terbatas serta dapat bersaing tidak hanya ditingkat nasional namun juga di level internasional.

Nusa Tenggara Barat NTB memiliki 280 pulau, 99 Desa wisata sebagai destinasi penyangga untuk upaya “leveraging economy” masyarakat lokal, dua gunung (Rinjani dan Tambora) yang sudah dinobatkan sebagai UNESCO Global Geopark Dunia, keanekaragaman fauna dan flora yang eksotis hingga keunikan budaya dari tiga suku asli dalam satu provinsi (Sasak, Samawa dan Mbojo) yang memberikan pengalaman yang tak terbatas atau infinite experiences.

Harapannya, brand baru “Lombok-Sumbawa Infinite Experiences” dapat terus menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mengeksplor lebih banyak lagi objek wisata dan daya tarik wisata di Pulau Lombok dan Sumbawa yang memberikan pengalaman hingga tidak ada batasnya mulai dari pariwisata pedesaan hingga pertunjukan sport-tourism internasional. Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB optimis kedepannya dapat menjadi “face of Indonesia” dimata dunia melalui brand Pariwisata Lombok-Sumbawa.

Ditulis Oleh Wanda Marissa & Arsy Eric

Sumber:

  1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nusa_Tenggara_Barat
  2. https://www.faktadaerah.com/2017/11/fakta-provinsi-ntb-nusa-tenggara.html?m=1
  3. https://m.traveloka.com/id-id/explore/destination/destinasi-wisata-pantai-di-nusa-tenggara-barat-acc/23031
  4. https://mcity.id/manfaat-city-branding-untuk-pariwisata/
  5. https://insidelombok.id/pariwisatabudaya/lombok-sumbawa-infinite-experiences-diresmikan/
  6. https://m.rri.co.id/mataram/daerah/1109903/resmikan-lombok-sumbawa-infinite-experiences-sekda-ntb-promosi-pariwisata-harus-diperkuat?utm_source=terbaru_widget&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »