Tanggal :26 September 2022

Live Shopping: Tren Digital Marketing yang Semakin Melonjak pada 2022

Belanja ditambah konten live shopping di platform media sosial dan e-commerce dapat meningkatkan interaksi langsung antara merek dan konsumen. Penjualan via live shopping pun menjadi alternatif dan peluang untuk menjangkau pasar.

Live shopping adalah aktivitas seorang penjual melakukan siaran belanja secara langsung. Konsumen, atau penonton siaran belanja, dapat berkomunikasi tentang produk yang dijual, mulai dari harga hingga bahan barang yang digunakan. Siaran langsung ini biasanya tidak berlangsung lama. Penjual memberi batas waktu tertentu, sehingga proses jual-beli berlangsung hanya saat siaran.

Pelaku usaha mendapat keuntungan dari memanfaatkan sistem live shopping yaitu mampu mengukur antusiasme masyarakat pada produk yang dijual. Keuntungan kedua, cara belanja seperti ini menciptakan interaksi yang lebih personal antara penjual dengan pembeli. Penjual bisa membawa suasana live shopping dengan lebih nyaman kepada pembeli seperti melemparkan lelucon atau kuis sehingga kegiatan tidak terasa membosankan. 

Selain itu, konsumen dapat melihat secara langsung barang saat siaran berlangsung. Jika melalui online shop mungkin saja pembeli bingung atau menerka-nerka barang apakah sesuai dengan tipenya. Live shopping mampu memudahkan pembeli untuk melihat detail produk.

Survei UC Browser mencatat pemain e-commerce ternama di Indonesia, seperti Shopee dan Lazada menggunakan platform live shopping sebagai alat promosi penting untuk mendorong konversi pesanan sekaligus menciptakan pengalaman live streaming demi meningkatkan interaksi pelanggan. Selain para pemain e-commerce ternama di Indonesia, platform online lain dengan basis pengguna yang besar seperti Facebook dan Instagram juga telah memasuki bidang live shopping.

Kunci dari melakukan siaran live shopping adalah promosi, interaksi dan transaksi. Sebuah strategi yang bisa digunakan dan memberi sesuatu yang berbeda untuk konsumen. Jika Smart People sebagai penjual, live shopping bisa mengukur antusiasme audiens pada produk yang anda jual. 

Jumlah penonton yang melihat live shopping kalian dapat menjadi tolak ukur seberapa antusias audiens terhadap produk yang kalian jual. Lalu, apakah Smart People telah mencoba aktivitas live shopping? Atau sebagai konsumen yang hobi menonton live shopping? Tuliskan pengalaman kalian di kolom komentar, ya! 

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »