Tanggal :19 January 2022

Likupang, Destinasi Super Prioritas yang Siap Memikat Anda

Pulau Likupang | Marcel Friendrich, Unsplash

Minahasa Utara memiliki destinasi yang dapat memanjakan wisatawan dengan pesona alamnya seperti savana, pantai, hutan bakau, hingga pemandangan bawah laut. Semuanya bisa didapatkan dengan mengunjungi Likupang, daerah yang dihuni oleh orang-orang Nusa Utara yang termasuk ke dalam etnis Sangir Talaud.

Likupang adalah kecamatan yang terletak di Sulawesi Utara tepatnya di Kabupaten Minahasa Utara. Dengan luas sekitar 200 hektar yang dilengkapi kawasan pesisir berpasir putih, Likupang dapat dikunjungi dengan menempuh  jalan Tol Manado-Likupang selama kurang lebih 30 menit.

Apa saja destinasi wisata yang ditawarkan oleh Likupang? Simak informasi di bawah ini.

1. Pantai Pulisan

Lanskap Pantai Pulisan | Foto: Tripadvisor

Pantai berpasir putih yang terletak di Minahasa Utara tepatnya di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur ini memiliki tiga bagian yang dipisahkan oleh tebing batu menjorok ke laut. Wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti snorkeling, diving bahkan trekking ke Bukit Pulisan yang masih satu lokasi dengan pantai ini.

2. Ekowisata Desa Bahoi

Vegetasi bakau di Desa Bahoi | Foto: Mongabay

Desa Bahoi, Likupang Barat merupakan desa nelayan yang memiliki ekowisata mandiri untuk menjaga ekosistem laut. Memiliki hutan bakau yang asri dan pemandangan bawah laut dengan pesona keindahan terumbu karangnya menjadikan Desa Bahoi sebagai spot diving yang tak kalah indah dibandingkan dengan tempat wisata lain.

3. Pulau Lihaga

Lanskap Pulau Lihaga | Foto: Mongabay

Pulau seluas 6 hektar yang terletak di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara ini juga menawarkan spot diving dan kegiatan snorkeling yang indah. Untuk mencapai Pulau Lihaga, wisatawan harus menempuh sekitar dua jam perjalanan menggunakan perahu. Wisatawan dapat menyewa perahu dari Pelabuhan Serei seharga Rp800 ribu untuk 20 orang. 

4. Bukit Larata

Pemandangan yang ditawarkan oleh Bukit Larata | Foto: Kenal Likupang

Bukit Larata merupakan bukit savana dengan padang rumput membentang luas dan berpadu dengan hamparan laut lepas yang terletak di Likupang Timur. Wisatawan dapat menikmati pemandangan indah yang tak kalah saing dengan tempat wisata lainnya.

Bubur Tinutuan | What To Cook Today

Setelah wisatawan lelah mengunjungi berbagai tempat, Likupang menawarkan makanan yang dapat mengisi energi wisatawan yaitu bubur tinutuan. Bubur tinutuan merupakan makanan khas Sulawesi Utara yang dapat ditemui di berbagai daerah Sulawesi, termasuk Likupang. Dalam satu porsi bubur tinutuan, terdapat beragam sayuran segar dan pelengkap seperti cakalang sampai cacahan daging sapi yang ditaburkan di atas bubur. 

Bagaimana, Smart People? Tertarik untuk mengunjungi destinasi super prioritas yang satu ini?

Ditulis oleh Mia Patricia

Referensi:

  1. https://indonesia.go.id/kategori/budaya/1910/mengenali-likupang-untuk-kemudian-jatuh-cinta
  2. https://kumparan.com/kumparantravel/7-tempat-wisata-eksotis-di-likupang-tempat-kelahiran-dokter-marie-thomas-1vByzgYVIsr/4
  3. https://regional.kompas.com/read/2021/03/06/175500278/didatangi-sandiaga-uno-apa-dan-di-mana-itu-likupang-?page=all
  4. https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/cerita-kota-khas-likupang-sulawesi-utara-7-deretan-kuliner-ini-siap-bikin-lidahmu-goyang
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *