Tanggal :10 December 2022

Lebih Cepat dengan Komputer Kuantum

Bentuk dari komputer kuantum | Sumber: Noticias ao Minuto

Halo Smart People! Mungkin Kamu sudah sering menggunakan komputer dalam keseharian baik untuk bekerja maupun belajar. Namun, pernahkah kamu mendengar yang namanya komputer kuantum? Dilansir dari Wikipedia, komputer kuantum adalah alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposisi dan keterkaitan, untuk melakukan operasi data. Google dan IBM bahkan rela berinvestasi besar-besaran dalam riset dan pengembangan komputer kuantum ini.

Lalu apa yang membedakan komputer biasa dengan komputer kuantum? Unit terkecil dari komputasi disebut dengan bits yang terdiri dari dua kondisi yakni 0 (wrong state) dan 1 (right state). Setiap komputer membutuhkan informasi ini untuk disimpan dan diproses. Sementara komputer kuantum memiliki satuan qubits yang bisa mengerti 0 atau 1 atau diantaranya yang membuat komputer kuantum jauh lebih cepat dibanding komputer biasa. Perbedaan dari bits dan qubits adalah kekuatan pemrosesannya. Jika dalam 4 bits hanya akan dapat menghasilkan satu dari 16 probabilitas, 4 qubits memiliki semua hasil 16 probabilitas sekaligus. 

Qubits juga memiliki sifat khusus bernama entanglement. Sifat ini akan dapat mengubah kondisi satu qubits dengan hanya berdekatan satu sama lain. Hal ini membuat pengguna dapat memprediksi isi dari qubits lainnya hanya dengan mengukur satu qubits saja. Semua hal ini mengakibatkan komputer kuantum dapat mengerjakan satu tugas dan mendapatkan semua probabilitas yang ada dalam waktu yang bisa dibilang bersamaan. Selain itu, pemrosesan data yang dilakukan oleh komputer kuantum lebih cepat.

Perbedaan selanjutnya terletak pada prosesor yang digunakan. Prosesor komputer klasik menggunakan chip berbasis silikon. Sedangkan untuk komputer kuantum, menggunakan sistem kuantum seperti atom, ion, foton, atau elektron.

Sudah kebayang tentang kecepatan dan keunggulan komputer kuantum  ‘kan? Karena keunggulannya yang dapat menjalankan pekerjaan yang lebih rumit, komputer kuantum nantinya akan digunakan untuk  simulasi dan analisis data, menguji penemuan obat kimia, hingga berbagai urusan di segala bidang, baik itu desain ruang angkasa, fusi nuklir, desain polimer, pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan, hingga pencarian big data dan manufaktur digital.

Nah, itu dia informasi sekilas tentang komputer kuantum. Apakah ada hal lain yang Smart People ketahui tentang komputer kuantum? Berikan komentar Kamu di bawah ya!

Penulis: Mia Patricia | Ilustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »