Tanggal :1 July 2022

Laptop Berbahan Daur Ulang? Memangnya Ada? Simak Ulasan Berikut!

Gambar 1. Design by: Sumanto

Melihat jumlah sampah elektronik yang terus bertambah dan meningkatnya gas emisi karbon, sejumlah perusahaan teknologi telah menyatakan komitmen dalam mengurangi emisi karbon dengan menciptakan beragam produk yang bisa didaur ulang dengan mudah. Beberapa produk telah menerapkan beberapa inovasi untuk tetap menjaga keberlangsungan alam meski belum secara total. Sebagai contoh, Acer baru saja melakukan tindakan  untuk merespons perhatian warga dunia terhadap masalah lingkungan.

Lewat produk laptop Acer Aspire, Acer meluncurkan laptop pertamanya yang diciptakan mayoritas menggunakan material daur ulang. Acer mengklaim bodinya terbuat dari material daur ulang, atau dalam bahasa Inggris mereka sebut Post-Consumer Recycled, yang ramah lingkungan. Komposisi lebih rinci, yaitu 30 persen material tersebut tersemat pada bodi atas dan bawah, bezel, dan penutup layar.

Sedangkan 50 persen material PCR berada di keycap. Mengusung warna abu dengan elemen tambahan seperti warna hijau dan hitam menyerupai titik yang tidak merata, laptop ini diklaim tak menggunakan bahan cat khusus. Acer juga menanam tombol R dan E secara terbalik, sebagai tanda komitmen daur ulang pada laptop.

Gambar 2. Sumber : www.kompas.tv

“Kehadiran laptop eco-friendly Acer Aspire Vero merupakan wujud komitmen keberlanjutan Acer dalam operasi dan pengembangan produk. Material laptop maupun kemasannya terbuat dari bahan daur ulang serta dilengkapi fitur khusus penghematan energi,” tutur Fransisca Maya, Head of Marketing Acer Indonesia dalam keterangannya, dikutip dari Kabarbisnis.com.

Walaupun mengusung material daur ulang, laptop ini tetap tangguh karena menggunakan prosesor Intel Core i5-1155G7 Generasi ke-11 dan grafis Intel Iris Xe yang dapat mendorong produktivitas penggunanya. Dengan dukungan sistem operasi Windows 11 terbaru, perangkat ini memberikan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman dan modern ditampilkan dalam panel layar IPS 15,6 inci resolusi Full HD yang jernih serta area pandang luas.

Mengutip Inet.detik.com, Prosesor ini memberikan performa yang mumpuni dengan diiringi efisiensi untuk prosesor quad-core dan 8 thread (mendukung hyperthreading). Setelan frekuensi hingga 2,9 GHz dapat membantu pengguna mengeksekusi program dan tugas sehari-hari dengan baik, bahkan multitasking secara bersamaan. Penggunaan prosesor i5-1155G7 sangat cocok untuk pengguna mobilitas tinggi serta kebutuhan komputasi.

Sementara itu, Acer Aspire Vero juga memberikan fitur penghematan daya pada perangkat lunak yang dibawakan VeroSense. Perangkat lunak VeroSense bertujuan untuk memudahkan pengguna memilih satu dari empat mode performa yang dioptimalkan, mulai dari performance, balanced, eco dan eco+. Dalam mode Eco+ beberapa fungsi penting dinonaktifkan sehingga dapat melakukan penghematan baterai paling maksimal dan hanya meninggalkan sejumlah fungsi. Sementara itu mode Eco mengurangi performa untuk meningkatkan efisiensi dan daya tahan baterai.

Melihat konsistensi dalam mendukung kelestarian lingkungan terlihat pada kemasannya, boks Aspire Vero terbuat dari 85% kertas daur ulang, kantong laptop terbuat dari 100% PET daur ulang, dan kardus kemasan dapat dialihfungsikan menjadi notebook stand. Alih fungsi produk seperti ini memenuhi salah satu prinsip ramah lingkungan yaitu reuse atau penggunaan kembali.

Nah, Gimana nih smart people, Apakah kalian tertarik untuk membelinya? Coba tulis di Kolom Komentar yaa! Pantau terus berita ataupun artikel lainnya hanya di Smartnation.id ya!

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »