Tanggal :14 August 2022

Langkah Pemerintah Kota Bandung dalam Implementasi Smart Tourism

Kota Bandung adalah salah satu kota metropolitan terbesar dan merupakan Ibu Kota dari Provinsi Jawa Barat. Pada era industri 4.0, Kota Bandung menerapkan konsep Smart City dengan jaringan koneksi Internet of Things (IoT) yang terintegrasi dalam berbagai bidang. Di era saat ini, beragam teknologi diaplikasikan untuk memaksimalkan potensi destinasi wisata menuju Smart Tourism Destination. Dukungan teknologi yang terintegrasi berfungsi memaksimalkan potensi bisnis pariwisata di Kota Bandung (Puspita, dkk. 2020:131). Smart Tourism adalah sebuah platform wisata yang mengintegrasikan destinasi-destinasi wisata di Indonesia. Mengintegrasikan ekosistem layanan pariwisata dengan memberikan layanan trip planner dimana calon wisatawan dapat merencanakan perjalan dengan mudah sesuai preferensi dan budget yang dimiliki (https://citylab.itb.ac.id/). 

Sumber: tribunjabartravel.tribunnews.com

Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung memberikan dukungan kemudahan infrastruktur dalam menciptakan Smart Tourism melalui kolaborasi dengan berbagai macam layanan masyarakat secara online, seperti transportasi dan layanan kamar penginapan online dengan tujuan untuk menghubungkan sektor pariwisata dengan konsumen. Beragam layanan dalam implementasi Smart Tourism di Kota Bandung memudahkan konsumen mendapat layanan secara online, seperti penyediaan freei-Fi dan penerapan QR Codes untuk 650 sepeda Obike yang ditempatkan di beberapa hotel di Kota Bandung (Puspita, dkk. 2020:131).

Sumber: kompasiana.com

Selain itu, baru-baru ini Pemkot Bandung meluncurkan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memajukan Kota Bandung melalui destinasi wisata yang memanfaatkan sumber daya alam, sejalan dengan pemanfaatan Internet of Things (IoT). Dilansir dalam berita, HM. Dadang Supriatna selaku Bupati Bandung mengatakan “Kenapa saya melakukan program aplikasi ini? Karena potensi sumber daya alam di Kabupaten Bandung sangat luar biasa, yang sebelumnya diabaikan begitu saja. Maka saya inisiatif membentuk tim pariwisata. Jangan sampai tikus mati di lumbung padi. Sebenarnya, masyarakat Kabupaten Bandung sudah kaya, namun belum bisa membuka potensi alam menjadi wisata berkualitas,” tutur Dadang saat acara launching tersebut. (https://galamedia.pikiran-rakyat.com/). Peluncuran aplikasi Bedas Smart Tourism sejalan dengan implementasi Smart Tourism di Kota Bandung.

Sumber: timesindonesia.co.id

Terlebih, pada tahun ini, Pemkot Bandung menorehkan prestasi dengan masuk jajaran 50 pemerintahan Smart City di dunia. Kota Bandung mengungguli sejumlah kota besar dunia seperti Adelaide Australia (peringkat 31), Boston Amerika Serikat (peringkat 32), Dubai Uni Emirat Arab (peringkat 34), Frankfurt Jerman (peringkat 38) dan bahkan Los Angeles Amerika Serikat (peringkat 40), (https://news.detik.com/berita-jawa-barat/). Melihat prestasi ini, penerapan dan pemanfaatan teknologi yang dikembangkan Pemkot Bandung dirasa sangat berhasil, sehingga menjadi contoh untuk kota-kota lainnya di Indonesia maupun di dunia. 

Dengan implementasi Smart Tourism dalam indikator Smart City Diharapkan dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi di tengah pandemi Covid-19 untuk memulihkan perekonomian di Kota Bandung. “Implementasi smart city ini akan terus saya dorong, meskipun saat ini kita tengah konsen menangani pandemi Covid-19. Namun, justru akan kita optimalkan konsep smart city ini dalam rangka penanganan termasuk mengatasi dampak dari pandemi ini,” kata Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

Ditulis Oleh Muhammad Sadam

Referensi:

Adelita Raif. 2019. “Implementasi Smart Tourism Dalam Meningkatkan Pengalaman Wisatawan Milenial di Kota Bandung”, Skripsi. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

https://citylab.itb.ac.id/pikkc/produk-riset/smart-tourism/ diakses pada tanggal 10 September 2021.

Kosasih Engkos. 2021. Bupati Bandung Launching Bedas Smart Tourism, Program Ameng dan Outlet UMKM. Dalam berita https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-351878651/bupati-bandung-launching-bedas-smart-tourism-program-ameng-dan-outlet-umkm?page=2 diakses pada tanggal 10 September 2021. 

Puspita Sari, dkk., 2020. “Tourism Experience dari Smart Tourism Destination, Studi Kasus di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia”, JITHOR. Vol 3. No 2. Putra Wisma. 2021. Bandung Peringkat 28 Smart City Dunia, Ungguli Dubai-Los Angeles. Dalam berita https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5516579/bandung-peringkat-28-smart-city-dunia-ungguli-dubai-los-angeles diakses pada tanggal 10 September 2021.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »