Tanggal :1 July 2022

Kontestasi Teknologi: Ingin Saingi Samsung, Apple Daftarkan Paten Layar Lipat Pertama dan Akan Meluncur Tahun 2023

Gambar 1. Design by: Sumanto

Di era modern saat ini banyak brand smartphone yang mulai berencana untuk memproduksi perangkat layar lipat buatannya sendiri. Contohnya Samsung yang saat ini sudah memiliki beberapa produk layar lipatnya yang cukup menarik perhatian masyarakat.

Baru-baru ini, saingan terbesar Samsung yakni Apple dilaporkan sedang membuat iPhone yang dapat dilipat. Ponsel yang sedianya diluncurkan pada tahun 2023 itu akan menggunakan layar OLED fleksibel QHD+ 8 inci. 

Dikutip CNN Indonesia, “Berdasarkan survei industri terbaru kami, kami memperkirakan bahwa Apple kemungkinan akan meluncurkan iPhone yang dapat dilipat dengan layar OLED fleksibel QHD + 8 inci pada tahun 2023, Kami memperkirakan perangkat lipat akan mengaburkan segmentasi produk antara smartphone, tablet, dan laptop di masa mendatang. Dengan ekosistem lintas produk dan keunggulan desain perangkat kerasnya, Apple akan menjadi pemenang terbesar dalam tren perangkat lipat baru,” ujar TFI Securities Ming-Chi Kuo dalam Mac Rumors.

Rumor peluncuran iPhone layar lipat sudah beredar sejak beberapa waktu lalu. Pada bulan Maret silam, Kuo mengungkap Apple berencana untuk meluncurkan iPhone berlayar lipat berukuran 7,5 inci hingga 8 inci pada tahun 2023. 

Namun seperti diwartakan CNBC, juru bicara Apple belum tersedia untuk mengomentari pernyataan Kuo. Namun, Apple mungkin memiliki beberapa rintangan yang mungkin perlu diatasi sebelum benar-benar menghadirkan iPhone lipat.

Gambar 2. Sumber : timlo.net

Apple bakal mendesain seri iPhone lipat yang secara konstruktif dengan mencontoh Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip. Berdasarkan laporan, Apple akan bekerja sama dengan LG untuk mewujudkan seri iPhone lipatnya.

LG dipercaya untuk membantu Apple dalam menyediakan panel layar fleksibel. LG sendiri merupakan perusahaan teknologi yang memiliki keahlian dalam pembuatan panel layar fleksibel.

Nah, pastinya Kalian pengen tahu kan hasil nya seperti apa? Patut Kita tunggu ya di tahun yang akan datang. Sementara itu terus ikuti juga berita atau artikel menarik lainnya hanya di Smartnation.id ya!  

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »