Tanggal :5 February 2023

Konsep Smart Living, Mengedepankan Keamanan dan Kenyamanan

Smart living adalah salah satu dimensi smart city yang memprioritaskan kepraktisan dan efisiensi dalam hidup. Smart living menawarkan berbagai keuntungan bagi manusia, seperti kenyamanan, keamanan dan efisiensi energi dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, hidup cerdas memiliki konsep yang berdasar pada otomatisasi berbagai aspek dalam hidup mulai dari rumah atau hunian, transportasi hingga keseluruhan kota.

Smart Living dan Manfaat yang Ditawarkan

Saat manusia memutuskan untuk hidup dengan konsep smart living, secara tidak sadar mereka telah memilih jalan hidup yang lebih mudah dan praktis. Apalagi saat rumah terdigitalisasi dan terotomatisasi, rumah akan lebih interaktif terhadap kebutuhan penghuninya. Dilansir Commercial Acer For Business, berikut adalah keuntungan yang didapat saat manusia menerapkan smart living:

  • Kontrol Alat Secara Praktis 

Smart living mempermudah penghuninya dengan dapat mengontrol dan mengelola seluruh perangkat pintar dalam rumah melalui satu interface saja, seperti melalui smartphone maupun tablet. Dengan teknologi tersebut, penghuni bisa menghemat waktu yang biasanya tersita untuk mengoperasikan peralatan di rumah yang jumlahnya sangat banyak.

  • Meningkatkan Keamanan Rumah

Menggabungkan perangkat keamanan dan pengawasan ke dalam jaringan smart home akan membuat tingkat keamanan rumah Anda meningkat. Sistem home automation mengkoneksikan pendeteksi gerakan, kamera pengawas, smart lock dan perangkat keamanan pintar lain yang Anda miliki di rumah. 

Hanya melalui ponsel Anda dapat mengaktifkan seluruh perangkat tersebut dari dalam kamar tidur, ataupun ketika Anda berada di luar rumah. Anda juga bisa mendapatkan peringatan keamanan langsung ke beberapa device milik Anda sekaligus.

  • Memaksimalkan Fungsi Peralatan Rumah Tangga 

Lebih dari efektivitas, menyambungkan perangkat dengan sistem smart living juga memberi keuntungan yang membuat peralatan rumah tangga berfungsi lebih baik lagi. Contohnya, dengan smart oven Anda bisa memanggang ayam atau daging tanpa takut khawatir terlalu matang atau terlalu mentah. 

Begitu juga dengan penggunaan smart TV yang dapat menyarankan tingkat kecerahan layar TV hingga suara disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitarnya saat itu.

Konsep Hidup dengan Smart Living

  • Sehat

Konsep smart living tidak semata-mata untuk terlihat canggih, namun konsep ini juga mampu mendukung gaya hidup yang lebih sehat. Smart living memiliki konsep open plan, yaitu membuat sirkulasi udara dalam hunian lebih lancar. Penggunaan jendela besar juga memaksimalkan pencahayaan alami dari luar. 

  • Efisien

Efisien tidak hanya soal alat atau perangkat yang digunakan dalam smart living, namun juga lokasi. Lokasi strategis dan dekat dengan fasilitas publik serta infrastruktur vital adalah ciri hunian smart living. 

  • Hemat Biaya

Otomatisasi perangkat yang digunakan di dalam rumah juga bisa menghemat pemakaian listrik. Contohnya, melalui smart thermostat yang dapat mempelajari kebiasaan pemakaian pendingin udara, baik jadwal maupun suhu yang diinginkan, penghuni, perangkat cerdas tersebut dapat menyarankan setting terbaik yang dapat menghemat pemakaian energi tanpa menghilangkan kenyamanan yang dibutuhkan penghuni. Dengan semakin minimalnya pemakaian energi, praktis penghuni juga bisa menghemat lebih banyak biaya.

Apakah Anda tertarik untuk menerapkan konsep smart living? Jika butuh konsultasi lebih lanjut, silahkan kunjungi akun Instagram @citiasiainc untuk informasi lebih lengkap.

Reference

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »