Tanggal :10 December 2022

KONSEP FOREST SMART CITY MENJADI ENERGI TERBARUKAN DI IKN

IKN (Ibu Kota Nusantara) merupakan pusat pemerintahan baru negara Indonesia yang berada di Pulau Kalimantan, tepatnya Kalimantan Timur. Dalam pembangunannya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Ibu Kota Negara Baru akan mengusung konsep Smart Forest, (Maharani, 2022).

FOREST SMART CITY

Smart forest city adalah kota yang menganut konsep habitat manusia dan infrastruktur kota sebagai bagian dari ekosistem hutan. Untuk memastikan dapat terwujud, perlu mengikuti kriteria menurut Maharani (2022).

Smart forest city dapat memastikan bahwa footprints dari kawasan terbangun dan karbon kota tidak boleh mengganggu hutan dan bahkan bisa memperbaikinya. Selain itu, sistem dan teknologi yang dipakai sebagai sarana prasarana harus berkelanjutan dan bisa menurunkan maksimal footprints kota di tengah hutan Pulau Kalimantan. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menjadi representasi bangsa yang unggul dengan mewujudkan smart city (kota cerdas), kota modern berkelanjutan, serta memiliki standar internasional sehingga menjadi contoh bagi pembangunan kota-kota lain di Indonesia, (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2022). 

Mantan Gubernur DKI Jakarta, pemerintah juga telah membuat konsep agar transportasi di IKN mayoritasnya adalah transportasi publik, bukan kendaraan pribadi. Ia menyebutkan, sebanyak 80 persen kendaraan yang ada di IKN atau mobilitas didukung transportasi publik. “80 persen itu didukung energi hijau. Sehingga di IKN diperkirakan oleh city planner dari satu titik ke titik lain itu memakan waktu 10 menit,” jelasnya (Aditya, 2022).

Smart forest city akan menjadi salah satu instalasi pendukung energi terbarukan yang akan memenuhi 100% kebutuhan energi IKN. Dengan begitu, pada tahun 2045 akan meningkatkan efisiensi energi sebanyak 60% serta memunculkan  Net Zero Emissions di IKN pada tahun yang sama,  (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2022).

Oleh karena itu, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi kota yang terbuka, inklusif, dan ramah untuk seluruh masyarakat hidup berdampingan. Selain itu, Ibu Kota ini akan dijalankan dengan teknologi luar biasa canggih bagi para penduduknya untuk mendapatkan very high dari E-Government index oleh PBB dengan 100% konektivitas digital dan tik untuk kebutuhan bisnis yang dijalankan melalui layanan digital. 

Reference

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »