Tanggal :10 December 2022

Kesepakatan Bandung, Kolaborasi Daerah untuk Indonesia Smart Nation

Bandung, Smartnation.id – Pagelaran akbar tentang smart city baru saja dilaksanakan di Ibukota Asia Afrika, yaitu Kota Bandung, Jawa Barat. Pagelaran yang bertajuk Indonesia Smart City Forum 2016 @Bandung tersebut dilaksanakan untuk menjadi wadah komunikasi dan koordinasi antar lembaga pemerintah daerah, pemerintah pusat, maupun sektor swasta untuk saling mendukung dalam pelaksanaan smart city. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pusat seperti Bappenas, Kementerian PU, Kementerian Kominfo, dan Kemendagri. Selain itu, lembaga ad hoc pemerintah pun turut serta dalam pertemuan tersebut, seperti Kantor Staf Kepresidenan dan Dewan TIK Nasional, juga Pemerintah Daerah seperti Kota Semarang, Kota Makassar, Kota Tangerang Selatan, dan DKI Jakarta.

Indonesia Smart City Forum 2016 @Bandung  dibuka dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Walikota Bandung dengan Walikota-Walikota yang bermitra untuk menggunakan aplikasi Pemerintahan yang tersedia di Kota Bandung. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan diskusi tentang smart city yang disampaikan oleh para pakar, praktisi, akademisi, maupun pemerintah daerah best practices smart city di Indonesia. Sebagai kesimpulan dari Indonesia Smart City Forum 2016 @Bandung dihasilkan kesepakatan bersama antara kota-kota yang berperan serta di dalamnya. Dalam kesepakatan bersama yang disebut sebagai Kesepakatan Bandung “Menuju Indonesia Smart Nation” itu terdapat empat butir yang berbunyi sebagai berikut:

  1. Integrasi konsep dan platform smart city sebagai fondasi Indonesia Smart Nation;
  2. Kolaborasi antar pemerintah daerah untuk saling bersinergi dalam pembangunan sistem smart city di wilayah masing-masing;
  3. Fasilitasi peningkatan sinergi ABGC (Academics, Business, Government, Community) oleh pemerintah guna mewujudkan smart city;
  4. Berbagi pakai aplikasi untuk mempercepat dan mengefisiensikan pembangunan smart city melalui tempat penyimpanan (repository) nasional.

Dengan kesepakatan ini diharapkan terjadi efisiensi penggunaan anggaran Pemerintah Daerah dalam belanja aplikasi atau sistem informasi Pemerintahan. Indonesia Smart City Forum 2016 @Bandung dimulai pada tanggal 2 sampai 3 September 2016 di Trans Luxury Hotel, Bandung. (FK)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »