Tanggal :10 December 2022

Kenalan dengan PJU Pintar, Bentuk Implementasi untuk Smart City Indonesia

Jika Anda sedang berjalan atau berkendara di malam hari, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan lampu-lampu yang berjejer di sisi kanan, kiri, atau tengah jalan raya. Lampu jalan tersebut sudah pasti membantu penerangan jalan untuk perjalanan Anda di malam hari. Lampu jalan raya tersebut dikenal sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU).

PJU memiliki fokus untuk keselamatan dan kenyamanan pengendara dan para pejalan kaki saat beraktivitas di malam hari. Bayangkan saja, jika tidak ada PJU yang terpasang di jalan raya, jalanan tersebut akan gelap dan menjadi kesempatan bagi kriminal untuk melakukan kejahatan dan ada kemungkinan terjadinya kecelakaan karena jalanan gelap gulita. 

Selain itu, dilansir dari Pengadaan, PJU memiliki fungsi dasar. Pertama sebagai keamanan yang berkaitan dengan kuat penerangan dan distribusi cahaya yang sesuai dengan bidang jalan dan kecepatan kendaraan yang melaluinya. Kedua adalah ekonomi yang berkaitan dengan kelancaran distribusi barang. Jika lampu jalan terang, maka arus transportasi bisa lancar dan pengangkutan barang dapat dilakukan lebih cepat.

Sementara itu, berikut ini merupakan fungsi turunan dari penerangan jalan umum:

1. Menghasilkan kekontrasan antara objek dan permukaan jalan;

2. Sebagai alat bantu navigasi pengguna jalan;

3. Memberikan rasa aman dan meningkatkan keselamatan para pengguna jalan;

4. Mendukung keamanan suatu daerah;

5. Menambah nilai estetika atau keindahan lingkungan jalan.

Nah, apakah Anda tahu kalau Citiasia juga memiliki PJU Pintar sebagai implementasi smart city di Indonesia?

Citiasia memiliki PJU Pintar dengan Teknologi Internet of Things (IoT) yang memiliki fitur banyak fitur canggih seperti:

1. Pemantauan penerangan secara real time. 

2. Kontrol on/off dari jarak jauh.

3. Menjalankan database untuk pemantauan kinerja secara real time profil dan status aset.

4. Kesiapan jaringan untuk kota pintar. 

Selain itu, Penerangan Jalan Umum Pintar menggabungkan teknologi internet dengan perangkat keras untuk kontrol dan pengoperasian otomatis. Keren sekali, bukan? 

Seperti yang Anda tahu, PJU Pintar adalah bagian dari ekosistem smart city. Maka dari itu, PJU mempelopori perkembangan kota pintar di daerah tersebut. Maka dari itu, dalam mendukung kemajuan smart city, PJU Pintar dari Citiasia menyediakan tiga infrastruktur smart city untuk masa depan.

Tiang PJU Pintar, digunakan untuk pemasangan semua sensor dan perangkat IoT.

Sistem Jaringan, kapasitas dan jangkauan jaringan pencahayaan pintar dapat digunakan bersama untuk inisiatif kota pintar lainnya.

Platform Aplikasi, sistem pencahayaan cerdas ujung ke ujung berjalan di bawah platform aplikasi. Semua kebutuhan kasus penggunaan IoT di masa mendatang dapat menggunakan platform yang sama ini.

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »