Tanggal :24 May 2022

Kemajuan Teknologi Smartwatch di Era Digital

Design by: Sumanto

Smartwatch merupakan perangkat yang memiliki kemampuan komputasi yang cukup tinggi. Dengan kemampuan tersebut, smartwatch menawarkan fasilitas yang tidak ada pada jam tangan biasa. Smartwatch merupakan perangkat yang didesain sebagai pelengkap atau berpasangan dengan ponsel pintar (smartphone). Dengan begitu, para pengguna bisa menikmati fitur-fitur seperti koneksi internet, menjalankan aplikasi smartphone, melakukan panggilan telepon, membuat pesan via text atau video, memonitor caller ID, melihat kondisi cuaca, mengontrol tingkat kebugaran, mendapatkan koordinat GPS dan lokasi, serta masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh perangkat smartwatch ini (Beutari, 2017). 

Smartwatch sendiri yang merupakan produk wearable device atau perangkat yang bisa dipakai ini memiliki definisi yang berubah-ubah sesuai teknologi yang ada. Saat smartwatch masih berteknologi Personal Digital Assistant (PDA), maka smartwatch dikatakan mini-PDA yang bisa dikenakan pada pergelangan tangan (Kumpulanime, 2018).

Sumber :  watchshop.kz

Kurang rasanya ketika kita membahas kemajuan teknologi pada masa kini apabila tidak mengetahui kilas balik dari sejarah perkembangannya. Sedikit menengok ke belakang, sebenarnya smartwatch bukanlah teknologi inovasi yang benar-benar baru. Pada Tahun 1978 ketika Citizen untuk pertama kalinya mengeluarkan arloji digital dengan fitur kalkulator. Disusul oleh Casio dengan arloji kalkulator layar sentuhnya serta Seiko dengan arloji berprosesor. Tentu saja, fitur-fitur yang ditawarkan jam tangan zaman dahulu belumlah secanggih saat ini. Saat itu, arloji yang dilengkapi kalkulator dan mini organizer saja sudah dianggap pintar. Seiring waktu berjalan, fungsionalitas yang lebih modern seperti GPS, pemutar musik, dan Wi-Fi mulai diaplikasikan (Beutari, 2017).

Sumber : iprice.co.id

Perusahan-perusahaan besar seperti Google, Apple, Samsung dan lain-lain sudah mengembangkan teknologi smartwatch ini semenjak tahun 2000-an, namun yang terbaru dari perkembangan smartwatch saat ini dimiliki oleh Sony dengan terobosannya pada penggunaan kertas elektronik (e-paper). Bahan e-paper ini diyakini mampu menghemat daya konsumsi baterai lebih baik yang memang menjadi kelemahan smartwatch berbahan material LCD.

Selain fungsi smartwatch yang sudah dijelaskan diatas, ada fungsi lainnya yaitu untuk menunjang kesehatan dan gaya hidup pada masa kini dan masa depan yang berguna untuk mengontrol daya tahan tubuh kita (Siradj, 2016).

Sumber : iprice.co.id

Dengan kemajuan teknologi di masa depan pastinya komponen-komponen smartwatch akan di upgrade mengikuti perkembangan zaman. Apakah kalian tertarik untuk membeli smartwatch di masa sekarang atau masa depan? Tentu keduanya sama-sama mempunyai fungsi dan peran yang sama mengikuti zaman. 

Penulis : Muhammad Sadam | Ilustrasi : Sumanto

Referensi:

  1. Beutari, Sabrina. 2017. “Perkembangan Teknologi Smartwatch dari Masa ke Masa”, Makalah. Universitas Malikussaleh.
  2. Kumpulanime.net. 2018. “Perkembangan Teknologi Smartwatch”, Makalah. Universitas GunaDarma.
  3. Siradj, Yahdi. 2016. “Potensi Smartwatch untuk Kesehatan”, Jurnal TELEKONTRAN Vol. 4 No. 1.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »