Tanggal :24 May 2022

Kegunaan NFC yang Perlu Kamu Ketahui

Sumber : NFC Forum

NFC atau Near Field Communication dapat diartikan sebagai komunikasi dengan jarak yang relatif dekat. Fitur NFC membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel, dimana yang satu bertindak sebagai transmitter dan satu penangkap sinyal. Fitur ini mulai banyak tersemat di beberapa ponsel, khususnya ponsel di kelas mid-range dan flagship. Pada NFC, digunakan teknologi berupa radio frequency identification (RFID) jenis lama yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

Terlihat sama dengan bluetooth, apa yang menjadi perbedaannya? NFC punya keunggulan lain yang cukup signifikan, yakni kecepatan koneksi. NFC hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk menghubungkan dua perangkat. Selanjutnya, kecepatan maksimal transfer data yang bisa dilakukan NFC adalah 424 kilobit per detik. Sementara bluetooth 2.1 – versi bluetooth yang agak lawas – bisa mencapai 2.1 Mbit per detik. Selain itu, NFC membutuhkan jarak fisik yang sangat dekat dibanding bluetooth. Jarak tak boleh lebih dari 10 cm untuk menghubungkan dua perangkat NFC. 

Dilansir dari m.liputan6.com, berikut ini adalah fungsi NFC dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mempermudah Konektivitas dengan WiFi

Sumber: Bernard Hermant, Unsplash

Beberapa tempat, seperti hotel, menyediakan alat yang namanya WiFi porter. Alat ini memungkinkan pengguna untuk langsung bisa mengakses WiFi yang diperuntukkan untuk umum tanpa perlu mengisi kata sandi. Cukup dengan menempelkan smartphone ber-NFC, koneksi WiFi akan langsung tersambung.

2. Mendukung Cashless Payment

Sumber: Michael’s Supermarket

Salah satu fungsi NFC adalah pada sistem pembayaran cashless, yang kegunaanya sama seperti pada kartu kredit dan kartu elektronik. Sama halnya dengan akses wifi di atas, pengguna tinggal menempelkan smartphone ke peralatan yang telah disediakan untuk transaksi, dan transaksi akan selesai. Saat ini, penggunaan NFC di Indonesia baru sekadar bisa digunakan untuk mengecek saldo dan top-up e-wallet oleh beberapa bank pemerintah dan swasta saja.

3. NFC Tag

Sumber: Onur Binay, Unsplash

Hanya de perusahaan atau penyedia perangkat namun dapat diatur secara langsung oleh siapapun dimanapun dengan smartphone yang mendukung NFC dan NFC tag. Misalnya NFC tag yang diprogram untuk memutar musik. Tag card tersebut dapat membantumu mengaktifkan aplikasi musik favoritmu cukup dengan sekali tap saja.

Aplikasi ini mungkin yang paling banyak diterapkan dalam penggunaan NFC karena NFC tidak bergantung pada perusahaan atau penyedia perangkat namun dapat diatur secara langsung oleh siapapun dimanapun dengan smartphone yang mendukung NFC dan NFC tag. Misalnya NFC tag yang diprogram untuk memutar musik. Tag card tersebut dapat membantumu mengaktifkan aplikasi musik favoritmu cukup dengan sekali tap saja.

4. Memudahkan Koneksi ke Perangkat Lain

Sumber: Blue Bite

Hanya dengan menempelkan perangkat yang ingin dihubungkan, kedua perangkat akan otomatis tersambung. Penggunaan koneksi NFC yang praktis sekarang ini sudah dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti menghubungkan smartphone ke wireless router, headset, ataupun speaker yang sudah dilengkapi NFC.

5. Check-in dan Check Out Semakin Mudah

Sumber: Proxyclick Visitor Management System, Unsplash

NFC mendukung fitur tagging lokasi canggih, yakni Location Based Service (LBS) yang memungkinkan penggunanya untuk menandai lokasi tertentu dengan menempelkan NFC tag khusus. Fitur ini juga dapat mempermudah pengguna untuk check-in dan check-out di suatu tempat seperti absensi perkantoran yang sudah menggunakan NFC.

Dengan NFC, Smart People hanya perlu menempelkan smartphone ke perangkat lain dan dalam sekejap urusan konektivitas, payment bahkan check-in dan check-out kantor akan langsung terselesaikan. Sangat mudah bukan? Fitur NFC apalagi yang kamu ketahui? Berikan komentar kamu di bawah ya. 

Penulis : Mia Patricia | Ilustrasi : Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

https://m.liputan6.com/hot/read/4589155/nfc-adalah-singkatan-dari-near-field-communication-berikut-kegunaannya

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/11/20370037/apa-itu-nfc-di-smartphone-dan-kegunaannya?page=all&jxconn=1*1f03f1v*other_jxampid*bTd1R2VTdExlNFhqbmFFTTB2Sjk5RWg0M2t4Q0NOWXVoWXZkdHRIdnY3REdGc2thOTNER0trOEtBSUZfTDJJcQ..#page2

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »