Tanggal :21 May 2022

Katedral Brasilia: Tempat Ibadah Unik Nan Mengagumkan

Arsitektur unik bisa ditemukan di mana saja dan dalam bentuk apa saja. Termasuk tempat ibadah. Seperti halnya masjid yang dihias kaligrafi terindah atau candi yang diukir dengan relief-relief bernilai seni tinggi, ada pula gereja yang dibangun dengan desain arsitektur serba unik. Salah satunya Catedral Metropolitana de Brasilia, Brazil.

Katedral Brasilia adalah katedral Katolik Roma yang melayani Brasília, Brasil, dan menjabat sebagai kursi Keuskupan Agung Brasília. Menurut Hukum Gereja Katolik Roma, Keuskupan atau dioses adalah segi umat Katolik yang tinggal dalam suatu daerah dengan batas-batas tertentu, dengan seorang Uskup yang adalah pengganti rasul Yesus Kristus mempersatukan mereka sebagai guru dalam petuah, imam dalam ibadat suci dan abdi dalam kepemimpinan (p2k.itbu.ac.id). Katedral tersebut dirancang oleh Oscar Niemeyer, dan dirampungkan dan didedikasikan pada 31 Mei 1970. Katedral Brasilia  memiliki struktur hiperboloid yang dibangun dari 16 kolom beton, dengan berat masing-masing 90 ton yang memiliki kemiripiran dengan mahkota putih atau mahkota duri.

Sumber: travelandleisure.com

Katedral yang satu ini bentuknya lain dari geraja pada umumnya. Tidak bernuansa klasik dan dipenuhi ukiran, tetapi justru berkesan modern. Gereja ini memiliki nama resmi Catedral Metropolitana Nossa Senhora Aparecida, didedikasikan untuk Perawan Maria, santo pelindung Brazil. Di dekat pintu masuk katedral berdiri empat patung perunggu yang mewakili Empat Penginjil: Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. Masing-masing tingginya sekitar 9,8 kaki. Di dalam interior katedral yang luas, terdapat tiga patung malaikat yang menggantung karya Alfredo Ceschiatti dan Dante Croce, berkisar dari 7,3 hingga 14 kaki dan menggantung di atas bagian tengah katedral. 

Ubin keramik yang dilukis dengan tangan menutupi dinding Baptistery berbentuk oval, dikerjakan oleh Athos Bulcao pada tahun 1977. Katedral dilengkapi dengan menara loncengnya, menampung empat lonceng yang disumbangkan oleh Spanyol. Detail interior yang lebih jelas adalah jendela kaca patri atau stained glass dengan nuansa biru, putih, dan cokelat yang berbeda. Saat memasuki Katedral, berdiri sebuah pilar marmer dengan gambar bagian-bagian kehidupan Bunda Maria yang dilukis oleh Athos Bulcao.

Karena terletak di Esplanada dos Ministerios, tidak ada komunitas tetap yang menghadiri kebaktian. Mayoritas dari mereka yang datang ke Misa adalah turis atau pekerja di Esplanada dos Ministerios. Katedral Brasilia buka setiap hari untuk kunjungan umum. Jika berkesempatan datang ke Brazil, tertarik untuk mengunjungi Catedral Metropolitana de Brasilia?

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

Referensi:

  1. https://www.atlasobscura.com/places/cathedral-of-brasilia
  2. https://www.archdaily.com/101516/ad-classics-cathedral-of-brasilia-oscar-niemeyer
  3. https://m.merdeka.com/gaya/9-gereja-dengan-arsitektur-paling-unik-di-muka-bumi.html?page=all
  4. https://placeandsee.com/id/wiki/katedral-brasilia?spmchkbj=spmprvbj6reh
  5. http://p2k.itbu.ac.id/id3/3059-2950/Keuskupan_159652_itbu_keuskupan-itbu.html
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »