Tanggal :24 May 2022

Kampanye Digital “Gojek Ads Network” untuk Meningkatkan Brand Awareness

Gambar 1. Design by: Sumanto

Pada September lalu, perusahaan rintisan Gojek menghasilkan inovasi GoGAN (Gojek Ads Network) untuk memberikan pengiklan cara yang efektif dalam membangun brand dan memberikan pelanggan pengalaman yang baik melalui iklan online. GoGAN memiliki keunggulan dibandingkan platform lain yaitu dapat membantu pengiklan untuk menutup kesenjangan hasil antara iklan online dan penjualan aktual baik online maupun offline. GoGAN memungkinkan brand untuk melakukan kampanye media secara taktis dan menghubungkan produk dan layanan Gojek seperti GoFood, GoPay, dan Go Mart sebagai tujuan akhir.

Kampanye digital ini dinilai efektif dan efisien karena: 

  1. Memahami dan menjangkau audiens yang tepat 
  2. Melibatkan audiens dan pengalaman tanpa hambatan 
  3. Terukur 

Pengiklan mendapatkan gambaran holistik dengan analisis terkini dan laporan kinerja. Brand juga dapat mengakses insights dan melakukan kalibrasi ulang strategi marketing melalui GoGAN.

Contoh kasus dari kampanye ini adalah Gojek berhasil membantu Danone Aqua untuk meningkatkan awareness dan mempromosikan kampanye ini, Danone Aqua menjalankan iklan digital menggunakan GoGAN untuk menjangkau pengguna Gojek di Facebook dan Instagram. Segmen pertama yang dibidik adalah pengguna aktif Go Mart dan pengguna yang pernah membeli produk Danone Aqua dan produk sejenis lainnya di Go Mart. Segmen ini sangat penting bagi Danone Aqua, karena mereka sudah terbiasa berbelanja di GoMart.

Dengan demikian, Kampanye ini berhasil menumbuhkan penjualan produk Danone Aqua di Go Mart secara keseluruhan. Kemampuan GoGan untuk menyasar segmen yang relevan serta menghubungkannya dengan Go Mart sebagai platform bertransaksi yang telah berhasil membantu Danone Aqua  melacak funnel penjualan hingga ke tahap pembelian.

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »