Tanggal :10 December 2022

Kabupaten Bantul Raih Predikat SPBE Terbaik

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE, baik tingkat masyarakat maupun pemerintah itu sendiri, (Diskominfo Bantul, 2022). 

SPBE menjadi komitmen Pemkab Bantul dalam menciptakan budaya digital pada sistem pemerintahan. Terlihat bahwa Kabupaten Bantul masuk ke dalam 100 kabupaten/kota cerdas (smart city) di Indonesia, (Diskominfo Bantul, 2022). 

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, sebagai pemerintah daerah harus bertransformasi menjadi pemerintah yang cepat dan tanggap. Pemerintah perlu pengembangan inovasi dan implementasi smart city agar dapat menjadi solusi mudah masyarakat mendapatkan informasi secara tepat dan cepat, ujarnya dalam acara workshop tindak lanjut peningkatan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) (jogja.antaranews, 2018).  

Komitmen tersebut tentu terus diupayakan mengingat masyarakat kini bergantung pada SPBE. Tanggung jawab ini kian meningkat usai Kabupaten Bantul mendapat predikat sangat baik saat hasil evaluasi SPBE tahun 2021 dalam skala nasional,  (Bantul Kab, 2022).

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul Dra. Annihayah M.Eng dalam laporannya menyampaikan bahwa Kabupaten Bantul mendapatkan capaian indeks Sangat Baik dalam Evaluasi SPBE tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. “Kemenpan-RB menetapkan perolehan Indeks SPBE Kabupaten Bantul mencapai angka 3,62 dengan predikat Sangat Baik, capaian ini tertinggi untuk tingkat Kabupaten/Kota di Indonesia,” ucap Sekretaris Diskominfo (Bantul Kab, 2022).

Indeks pendukung dari Kabupaten Bantul mencapai prestasi terbaik dapat dilihat dari capain 6 dimensi smart city Bantul. Dimensi Smart Governance dari 100% program, ini terealisasi 96,2% dan 3,8% belum berjalan, Smart Branding 83,3% berjalan dan 16,7% belum berjalan, Smart Economy 100% berjalan, Smart Society berjalan 100%, Smart Living 90,9% berjalan dan 9,1% belum berjalan, serta Smart Environment 100% berjalan dengan baik, (Bantul Kab, 2022).

Oleh karena itu, Pemkab Bantul akan terus berupaya dan  bersinergi untuk mendukung kemajuan Bantul dalam menghadapi era globalisasi dan perkembangan teknologi digitalisasi era industri 4.0.

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »