Tanggal :2 July 2022

Jangkau Konsumen Lebih Luas Melalui Video Marketing

Design by: Arsy Eric

Video marketing merupakan salah satu dari strategi pemasaran. Meskipun pada awalnya difungsikan untuk meningkatkan penjualan, video marketing juga memiliki fungsi yang lain yaitu mampu menjangkau pelanggan yang potensial dan mempromosikan sebuah brand.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh badan penelitian HubSpot Research, sebanyak 54% konsumen lebih tertarik melihat video dari brand yang mereka support daripada bentuk konten email newsletter ataupun dalam bentuk gambar. Selain itu, konten video marketing mampu memberikan kesan yang mendalam untuk pasar daripada teks dan juga gambar.

Video adalah alat yang paling mudah meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) bagi sebuah website. Tidak mengherankan sebab video begitu mudah viral dan dapat ditonton hingga jutaan orang. Bahkan penelitian Forrester menemukan bahwa kehadiran video pada halaman website membuatnya lebih cenderung muncul pada halaman pertama SERPs.

Terdapat berbagai jenis video marketing seperti video demo, video event, video penjelasan atau explanatory videos, video edukasi, video branding hingga studi kasus dan testimonial pelanggan.

Merek atau brand yang dipasarkan melalui konten video cenderung mendapatkan apresiasi lebih tinggi di mata pelanggan. Tingkat kepercayaan pelanggan menjadi lebih tinggi saat brand tersebut dipasarkan dalam konten video. Sehingga strategi pemasaran yang satu ini mampu memperkuat identitas sebuah brand

Nah Smart People, meski video marketing merupakan strategi pemasaran yang memiliki tingkat efektivitas tinggi dalam menarik perhatian sekaligus membangun serta mengikat hubungan antara brand dengan pelanggannya. Namun tidak mudah untuk mendapatkan hasil seperti ini. Sehingga konten video harus direncanakan dan dieksekusi dengan benar-benar baik dan memasarkan video tersebut dengan cara yang tepat.

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »