Tanggal :24 May 2022

Jadi Andalan Promosi Wisata Bali, The Island of Gods Terus Diserukan

Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia yang ibu kotanya berada di Denpasar. Bali juga merupakan salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Di awal kemerdekaan Indonesia, pulau ini termasuk dalam Provinsi Sunda Kecil yang beribu kota di Singaraja, dan kini terbagi menjadi 3 provinsi, yakni Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Pada tahun 2020, penduduk provinsi Bali berjumlah 4.317.404 jiwa, dengan kepadatan 747 jiwa/km2.

Sumber: busbluestar.co.id

Bali terkenal dengan wisata budaya, wisata alamnya yang indah serta wisata lainnya yang mengagumkan seperti patung GWK (Garuda Wisnu Kencana). Banyak spot pantai, gunung, danau ataupun sawah yang layak dikunjungi sebagai tempat wisata. Bali juga terkenal dengan pantai yang panjang. Salah satunya adalah Pantai Kuta. Di pantai tersebut banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang menghabiskan waktu libur mereka. Pantai lain yang memiliki pesona tersendiri adalah Pantai Jimbaran, Pantai Pandawa, Pantai Tanah Lot dan masih banyak lagi.

Gubernur Bali Wayan Koster menegaskan, jika daerah setempat ingin terus mempertahankan sektor pariwisatanya, maka harus dimaknai dan dijaga dengan SmartCity Branding sebagai The Island of Gods. Gubernur asal Sembiran, Buleleng ini juga menyebut pelaku pariwisata adalah pilar penting dalam berjalannya berbagai program terkait kepariwisataan.

Sumber: tribun-bali.com

Dalam kancah persaingan pariwisata internasional, Bali tentu perlu didukung branding dan tagline yang kuat. Tagline branding Bali The Island Of Gods artinya pariwisata Bali sebagai bagian pulau para Dewata. The Island Of Gods ini sangat cocok mewakili Bali. Dengan tagline tersebut, para wisatawan diharapkan semakin banyak yang berlibur ke Bali dan diharapkan menemukan serta merasakan kedamaian di Bali, hal ini diungkapkan oleh Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, IB Agung Partha Adnyana.

Strategi branding lainnya yang dapat digunakan untuk mempromosikan Bali adalah positioning/pemosisian. Positioning dalam konteks ini merupakan hal yang ingin ditanamkan dalam benak masyarakat atau calon wisatawan. Dalam menentukan positioning, pengelola destinasi wisata dituntut agar lebih kompetitif dalam menentukan nilai jual sehingga produk yang ditawarkannya dapat lebih berharga dibanding produk kompetitor. Contohnya, Bali merupakan destinasi wisata yang cukup melekat di benak masyarakat dunia sebagai destinasi wisata yang dikenal dengan Pulau Seribu Pura, serta falsafah masyarakat Bali yang religius.

Meskipun Bali sudah sangat terkenal, tak hanya di Indonesia namun hingga mancanegara. Ini bukan berarti Bali tidak membutuhkan branding. Bali juga masih perlu dipromosikan. Penetapan branding Bali juga tidak kalah penting untuk penyeragaman.  

Ditulis Oleh Wanda Marissa

Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bali

https://www.reddoorz.com/blog/id/kost/wisata-pantai-di-bali-yang-jadi-impian-destinasi-wisata-anak-kost

http://bisnisbali.com/tagline-the-island-of-gods-jadi-andalan-promosi-bali/

https://m.antaranews.com/amp/berita/827154/gubernur-serukan-jaga-bali-sebagai-the-island-of-gods

https://disparbud.banglikab.go.id/index.php/baca-berita/988/The-Island-Of-God-Menjadi-Branding-Bali-Terbaru.html

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »