Tanggal :24 May 2022

Intip Strategi Digital Kabupaten Bojonegoro Guna Mendukung Digitalisasi Daerah

Perkembangan penerapan teknologi informasi dan ekonomi digital yang menunjukan tren meningkat perlu disikapi berbagai pihak, termasuk oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Anna Mu’awwanah selaku Bupati Bojonegoro telah menyiapkan strategi untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam hal digitalisasi. Menurutnya, meskipun wilayah Bojonegoro merupakan 84 persen sebagai wilayah kehutanan, namun ia tetap optimis untuk menjadikan Bojonegoro yang melek terhadap perkembangan teknologi informasi.

Anna menyampaikan, langkah pertama untuk membangun infrastruktur teknologi informasi di Bojonegoro adalah regulasi. Hal ini sesuai dengan Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah.

Selain itu, Anna mengatakan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro sudah memiliki strategi untuk mendukung program digitalisasi daerah tersebut. Di antaranya kebijakan dan regulasi, penguatan infrastruktur, integrasi sistem informasi, transparansi, governance, akuntabilitas, penguatan sumber daya manusia, sistem monitoring, evaluasi dan pelaporan.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah membuat kebijakan tentang keterbukaan informasi publik. Bahkan, Bojonegoro sudah bentuk satu data. Dengan begitu, penguatan infrastruktur teknologi informasi yang disiapkan seperti command center Pemerintah Kabupaten, pelatihan, traffic information, dan tower internet di desa. “Ini sekaligus sebagai penopang karena wilayah Bojonegoro banyak wilayah kehutanan. Jadi kami siapkan tower internet,” ujar beliau.

Kemudian, untuk mendukung jalannya digitalisasi, Anna mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan PT PLN untuk menuntaskan dusun gelap. Saat ini, baru delapan dusun gelap yang sudah diselesaikan sehingga masih ada sekitar 13 dusun gelap yang belum selesai. Apakah Smart People dapat menyebutkan strategi digital di daerah kalian?

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »