Tanggal :27 January 2022

Intip Pesona Pantai Sorake, Surga Bagi Para Peselancar

Keindahan alam di Indonesia memang tak perlu diragukan. Indonesia kaya akan keindahan alam yang menakjubkan mulai dari keindahan laut, pegunungan, alam hingga budaya yang sangat beraneka ragam. Salah satu alam Indonesia yang memiliki pesona hingga dimata dunia adalah pantainya. Indonesia terkenal dengan garis pantainya yang sangat cantik, menyuguhkan pemandangan yang begitu indah.

Berbicara mengenai pantai maka erat kaitannya dengan olahraga selancar atau surfing. Selancar merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Salah satu wilayah yang memiliki pesona alam luar biasa dan wajib dikunjungi oleh para peselancar adalah Pantai Sorake, tepatnya di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan.

Sumatra Utara memang menawarkan banyak pesona wisata alamnya. Namun, mungkin tak banyak yang tahu kalau Pantai Saroke ini punya spot surfing yang patut untuk dicoba. Dilansir dari Liputan6.com, Pantai Sorake ini merupakan surganya para pecinta surfing.

Sumber: tempatwisata.pro

Pantai Saroke memiliki ombak yang bisa bergulung utuh hingga ke bibir pantai dan 11 kali gelombang sebelum pecah. Ombaknya pun memiliki lima tingkatan berbeda, sehingga peselancar bisa beraksi dengan berbagai gaya. Selain itu, ombak di Pantai Sorake selalu muncul tanpa ada jeda waktu, sehingga memberi sensasi menyenangkan dan kepuasan bagi para surfer.

Saking bagusnya kualitas ombak di Pantai Sorake, pantai ini dijadikan lokasi kejuaraan selancar kelas dunia, seperti Nias Selatan Open Surfing Contest dan Nias Pro, yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Meski pantai ini seperti surga bagi peselancar profesional, bukan berarti pemula tak bisa menikmati gulungan ombak di Pantai Sorake. Jika pengunjung bukan merupakan peselancar profesional dan tertarik untuk mencoba dan belajar, dapat meminta diajari oleh warga lokal. Para pengunjung tersebut juga akan dijelaskan mengenai jenis-jenis ombak di Pantai Sorake, sekaligus diajari teknik dasar berselancar.

Tak hanya ombak yang memikat para peselancar, di Pantai Sorake ini pengunjung juga disuguhkan oleh pemandangan batu karang yang bertebaran nan indah untuk dipandang. Untuk mencapai pantai ini, kita harus menempuh jalur udara dari Bandara Polonia Medan ke Bandara Binaka di Gunungsitoli. Perjalanan kira-kira memakan waktu sekitar satu jam. Kemudian akan dilanjutkan perjalanan dengan menempuh jalur darat menuju Pantai Sorake yang ada di Teluk Dalam.

Jika berlibur ke Sumatra Utara, sudah tak perlu bingung lagi untuk mencari destinasi wisata, Pantai Sorake jawabannya. Tak hanya akan menyenangkan, namun juga akan memberi pengalaman luar biasa, karena bisa mencoba olahraga selancar, diving hingga menikmati sunset. Berkunjung ke sebuah destinasi wisata juga tentunya harus dengan menjaga kelestarian alamnya serta membantu merawat lingkungan hari ini untuk kehidupan yang lebih baik esok.

Referensi:

https://www.merdeka.com/sumut/jadi-spot-surfing-kelas-dunia-intip-pesona-pantai-sorake-di-nias-selatan.html?page=4

https://niasselatankab.go.id/2020/05/08/pantai-sorake-surga-selancar-di-pulau-nias/

https://limakaki.com/keindahan-alam-indonesia-wilayah.html

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Selancar

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.